Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sering Jatuh, Lorenzo Sebut Motor Honda Mengkhawatirkan

Kompas.com - 20/06/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez jatuh lima kali di MotoGP Jerman 2023. Pebalap Repsol Honda itu akhirnya absen di laga hari minggu setelah jatuh saat sesi pemanasan dan mendapati jarinya patah.

Legenda MotoGP, Jorge Lorenzo prihatin dengan kondisi Marquez. Mantan rekan setim Baby Alien itu mengatakan, motor Honda RC213V telah menjadi motor yang sangat kritis dan sulit dikendarai.

Baca juga: Diskon Motor Listrik di Jakarta Fair 2023 Tembus Rp 4 Juta

Untuk diketahui Lorenzo pensiun di Repsol Honda karena banyak cedera. Setelah kondisinya membaik prestasi Lorenzo tetap datar. Pebalap asal Spanyol itu merasa dia tak bisa mengendalikan motor.

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.TANGKAPAN LAYAR Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.

“Honda telah benar-benar menjadi sebuah motor yang mana beberapa tahun lalu sudah kritis, namun kini menjadi motor yang lebih kritis,” kata Lorenzo dilansir dari Crash.net, Selasa (20/6/2023).

"Saya pikir bahkan Marc dalam mimpi terburuknya pun tidak membayangkan akhir pekan seperti ini, dengan lima kecelakaan, begitu banyak perasaan buruk," ujar Lorenzo.

Lorenzo mengatakan, bahkan di masa terburuknya Marquez saat berjuang dari cedera lengan kanan dia masih bisa menang di Sachsenring, namun di MotoGP Jerman 2023 dia jatuh berkali-kali.

Baca juga: TVS Callisto versi Modif, Dijual Terbatas mulai Rp 29 Jutaan

“Tapi tahun ini, sejak awal, dia mengalami kesulitan yang luar biasa. Beberapa ketakutan yang luar biasa. Di atas itu, semakin memburuk selama akhir pekan. Itu menjadi semakin buruk," ujar Lorenzo.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.

“Itu benar-benar menjadi salah satu akhir pekan terburuk yang pernah dialami Marc. Itu adalah akhir pekan yang sangat menyakitkan," kata Lorenzo.

“Dia sedih, dia terlihat sedih. Anda dapat melihatnya menjawab pertanyaan tanpa benar-benar ingin menjawab. Secara psikologis ini akan menjadi ujian bagi Marc," kata Lorenzo.

“Saya pikir ini adalah momen yang tidak pernah dialami Marc. Dia telah mengalami saat-saat sulit dalam dua atau tiga tahun terakhir dengan masalah lengan," katanya.

Pebalap Spanyol Jorge Lorenzo (Depan) mengendarai Honda-nya diikuti oleh pebalap Italia Valentino Rossi yang mengendarai Yamaha-nya selama latihan bebas 4 di depan Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello pada 1 Juni 2019 di Scarperia e San Piero.AFP/TIZIANA FABI Pebalap Spanyol Jorge Lorenzo (Depan) mengendarai Honda-nya diikuti oleh pebalap Italia Valentino Rossi yang mengendarai Yamaha-nya selama latihan bebas 4 di depan Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello pada 1 Juni 2019 di Scarperia e San Piero.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik di Jakarta Fair 2023 Tembus Rp 10 Juta

Lorenzo mengatakan, setelah cedera panjang soal fisik kini Marc dihadapi motor yang sulit dikendarai. Jatuh berkali-kali membuat mentalnya diuji.

“Secara umum, dia baik-baik saja secara fisik. Dia telah kembali sehat, tetapi dia menemukan dirinya jauh lebih rapuh akhir-akhir ini dan Honda semakin jauh dari para rival," katanya.

“Saya pikir kecelakaan di (MotoGP) Jerman tidak memengaruhi fisik di Belanda, pasti akan sedikit membaik karena cedera di tubuh sudah lebih baik dari akhir pekan lalu," kata Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com