Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Fasilitas Bus Mewah PO Sempati Star, Mirip Kabin Pesawat

Kompas.com - 24/05/2023, 15:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Sempati Star menjadi nama yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar bus.

Apalagi PO yang bermain di lintas Sumatera tersebut terkenal dengan unit bus double decker atau bus tingkat yang punya fasilitas mewah.

Salah satu bus dari PO Sempati Star yang menyita perhatian sejak kemunculannya yakni bus tingkat mewah berwarna hitam dengan interior seperti kabin pesawat.

Sebagai informasi, layanan bus tingkat yang menyerupai kabin pesawat tersebut telah diluncurkan PO Sempati Star sejak akhir 2021, sehingga bukanlah layanan baru.

Baca juga: Carens 1.5 L IVT dengan Captain Seat Hanya Tersedia 50 Unit

Bus yang melayani trayek Medan – Pekanbaru tersebut menggunakan sasis Scania K410. Sementara itu, secara visual bus tampil elegan menggunakan balutan bodi Jetbus 3+ dari Karoseri Adiputro.

Kabin bus dirancang dengan desain yang mengadopsi kabin pesawat, terutama penggunaan material dan desain setiap kursi penumpang, fasilitas, dan fitur-fitur canggih yang disematkan.

Pada lantai pertama, bila masuk dari ruang kru bus nampak bila ruang dirancang menyerupai ruang pilot pesawat yang mana terpisah dari penumpang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)


Kemudian di balik ruangan tersebut terdapat dua kursi penumpang model sleeper dengan konfigurasi 1-1. Dua kursi model sleeper tersebut bahkan dibuat menjadi lebih privasi bagi penumpang dengan bentuk kapsul.

Lalu kapsul atau kuris tersebut terdapat pintu model geser yang sehingga lebih eksklusif. Setiap kursi juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, salah satunya TV.

Bergeser ke area belakangnya, terdapat 6 kursi model leg rest yang menyerupai kursi pesawat. Kursi tersebut memiliki konfigurasi 2-1 yang dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang kenyamanan, salah satunya meja lipat yang sekaligus bisa jadi tablet atau TV layar datar. Sementara itu di belakangnya dilengkapi dengan satu unit toilet.

Baca juga: Bahaya Laten di Jalan Tol Saat Malam, Trailer Enggak Pakai Lampu Rem

Pindah ke lantai atas, terdapat 40 kursi penumpang dengan susunan 2-2. Pada dek atas atau lantai dua bus juga masih mengadopsi desain kabin pesawat, terutama pada model bagasi kabin.

Agar penumpang lebih nyaman, setiap kursi hadir dilengkapi oleh leg rest dan USB port. Kemudian untuk jendela menggunakan penutup model slide bukan lagi kain gorden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com