Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Aksi Maling Kesulitan Bobol Kunci Kawasaki ZX-25R

Kompas.com - 15/05/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pencurian motor tidak menyasar pada segmen skutik, tapi juga ke motor sport. Salah satu yang jadi incaran para maling adalah motor sport yang lagi ngetren saat ini, Kawasaki ZX-25R.

Tapi, pada video yang diunggah akun indorider150up, terpantau aksi maling mencoba membobol rumah kunci Kawasaki ZX-25R. Maling tersebut terlihat bekerja keras, mencoba membuka kunci.

"Terekam CCTV kerja keras untuk menjebol kunci Kawasaki Ninja ZX-25R," tulisnya pada unggahan tersebut dikutip Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Cek Harga Kawasaki ZX-25R dan Honda CBR250RR Akhir Tahun

 

Maling yang memakai helm sambil melaksanakan aksinya tersebut tampak kesusahan membobol rumah kunci. Belum jelas apakah motor tersebut berhasil dibobol atau tidak karena video cuma setengah saja.

Menanggapi video tersebut, Sucipto Wijono S, Section Head Marketing Kawasaki Motor mengatakan, pihaknya memang mensyukurkan kualitas dari produk Kawasaki yang terus baik sampai sekarang.

"Syukurnya sampai sekarang kualitas kunci produk Kawasaki masih terjaga," kata pria yang akrab disapa Cipto kepada Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Bus Pariwisata Baru Milik PO Balideva, Pakai Sasis Isuzu


Cipto menjelaskan, bukan cuma kualitasnya saja yang baik, sistem kunci pada ZX-25R sudah dilengkapi dengan pengaman. Pengamannya memang bukan model magnetis, tetapi di dalamnya sudah ada immobilizer.

"Pakai immobilizer, sudah mengikuti kunci big bike Kawasaki," kata Cipto.

Soal immobilizer, sebenarnya adalah sistem pengaman yang tergabung dengan ECU. Jadi saat kunci yang masuk tidak terdaftar di ECU, maka sistem tidak akan membuat motor bisa menyala atau dikontak on.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com