Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Perancis 2023, Jorge Martin Juara Quartararo Jatuh

Kompas.com - 13/05/2023, 20:28 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap dari tim Pramac Ducati, Jorge Martin berhasil keluar sebagai juara di gelaran Sprint Race MotoGP Perancis 2023 yang digelar di Sirkuit Le Mans, Sabtu (13/5/2023) malam.

Torehan ini diraihnya usai berhasil tampil agresif dan konsisten untuk mendahului Francesco Bagnaia dan Marc Marquez yang memiliki keuntungan karena menempati posisi paling depan.

Pada awal balapan, Bagnaia yang memimpin pertandingan langsung agresif meninggalkan para pesiangnya seperti Marc Marquez serta Jack Miller. Jarak di antaranya bahkan sampai 0,6 detik.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Setir Terasa Berat Saat Mobil Dikendarai

Dalam kesempatan sama, Maverick Vinales pun melakukan hal serupa. Dirinya langsung tancap gas sampai memasuki posisi lima besar dari peringkat ke-6. Namun saat empat putaran bergulir, performanya tampak mengendur.

Pebalap Aprilia ini pada akhirnya terus mengalami penurunan posisi sampai ke peringkat 10. Sementara Marc Marquez yang memulai laga dari posisi ke-2, harus menyerahkan posisinya ke Jorge Martin.

Kini, pebalap Honda yang baru sembuh dari cedera tersebut harus bersaing dengan Brad Binder guna mempertahankan posisi tiga teratas.

Tersisa 10 putaran, perebutan tiga posisi teratas antara Martin, Binder, serta Bagnaia semakin memanas. Kondisi ini diawali gerakan efektif dari Martin yang mampu melewati Bagnaia di tikungan ke-4.

Tidak berselang lama, Binder pun melakukan manufer yang sangat tajam. Ia membalap Marquez dan Bagnaia sekaligus. Adapun Marquez yang ingin ikut masuk ke momentum tersebut, tidak terlalu cepat sehingga celahnya tertutup.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Perancis 2023, Sprint Race Malam Ini

Tetapi, hanya membutuhkan satu putaran saja Marquez berhasil mendahului Bagnaia meski jarak antara keduanya sangat tipis yaitu hanya berbeda satu ban saja.

Adapun jarak posisi ke-3 dengan Martin yang memimpin laga sangat jauh yaitu 3,7 detik. Catatan ini terekam ketika balapan tinggal terisa 6 putaran lagi.

Pada penghujung laga, Fabio Quartararo dipastikan gagal mendapatkan poin tambahan usai mengalami crash di tikungan ke-9. Sementara itu, Martin berhasil memimpin laga dibuntuti oleh Binder dan Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com