Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Nada, Singing Road di Tol untuk Keamanan Berkendara

Kompas.com - 08/05/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Singing road bisa dijumpai di beberapa ruas tol di Indonesia. Namun, jika tidak menghafalkan lokasi dan sengaja ingin merasakan sensasinya maka jalan bernyanyi ini jarang disadari.

Mungkin tanpa sengaja kita pernah melewatinya, dan saat itu pengendara tiba-tiba mendengar nada yang bersumber dari tapak ban yang bertaut dengan permukaan jalan. Durasinya juga singkat, paling hanya beberapa detik saja.

Sebagian masyarakat ada yang menganggap tujuan dipasangnya singing road ini adalah untuk menghibur pengendara biar tidak bosan melewati jalan tol yang panjang dan membosankan.

Baca juga: Tahukah Anda, Singing Road Pertama di Indonesia?

Microsleep bisa terjadi kapanpun jika pengemudi kurang beristirahat, baik itu di siang hari maupun di malam hariM Chaerul Halim Microsleep bisa terjadi kapanpun jika pengemudi kurang beristirahat, baik itu di siang hari maupun di malam hari

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, singing road dipasang bukan karena iseng semata, namun ada tujuan khusus untuk pengendara.

“Ketika sedang melaju di jalan tol yang panjang dengan kecepatan yang konstan, dengan adanya kolaborasi suara atau nada tersebut diharapkan dapat memecah lamunan pengemudi sehingga dapat lebih berkonsentrasi,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Sony mengatakan intonasi nada yang berbunyi juga bisa menjadi patokan apakah laju kendaraan sudah sesuai dengan aturan atau melampaui. Seperti yang diketahui, nada suara tersebut dihasilkan dari pertautan tapak ban dengan kontur jalan yang dibuat keriting.

Baca juga: Mengenal Singing Road, Jalan Tol Bernada Penghilang Kantuk

Singing road di Jalan Tol Trans-JawaKementerian PUPR Singing road di Jalan Tol Trans-Jawa

Dengan demikian, ketika laju mobil terlalu kencang atau pelan maka singing road akan mengeluarkan suara yang tidak pas, bahkan nada tersebut tidak mudah dikenali.

“Bukan soal bisa mengenali nada atau tidak, tapi ketika nada terdengar tidak sesuai maka pengemudi sebaiknya intropeksi diri, apakah kecepatan kendaraan sudah sesuai aturan atau tidak,” ucap Sony.

Jadi, selain sebagai peningkat konsentrasi pengemudi, singing road juga bisa menjadi indikator apakah laju kendaraan sudah sesuai atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com