Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Pagi hingga Malam, Arus Balik di GT Kalikangkung Padat

Kompas.com - 01/05/2023, 06:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com -  Arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (30/4/2023) malam, terpantau padat. 

"Minggu pagi hingga siang volume kendaraan yang melintas ramai lancar. Hingga malam arus dari timur terus meningkat," kata Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023). 

Sebelumnya, one way arus balik dilakukan, Sabtu (29/4/2023), malam di Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek, lantaran ada peningkatan jumlah kendaraan pemudik yang akan menuju ke arah Jakarta. 

Baca juga: Masih Banyak Kendaraan yang Belum Kembali dari Mudik Lebaran

Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang. Kementerian PUPR Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang.

Agus menjelaskan, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan pemudik yang melintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di tol dalam kota Semarang. 

"Titik kemacetan terjadi di Gerbang Tol Banyumanik. Di dalam kota, tol ABC Semarang arus cukup padat namun lancar karena kita open traffic penuh di Kalikangkung," kata Agus. 

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 1,3 Juta Kendaraan Telah Kembali ke Jabodetabek

Menurutnya, jika dibandingkan puncak arus balik periode pertama, kepadatan yang terjadi pada gelombang kedua dapat terkendali karena sebagian besar pemudik sudah kembali ke Jakarta lebih awal. 

"Libur cuti bersama Lebaran ini ada jeda, jadi lebih panjang. 1 Mei masih libur. Kemungkinan, banyak pemudik yang menunda jadwal balik atau menambah cuti. Mungkin para pemudik sudah menghindari balik ke Jakarta pada puncak arus balik," terang Agus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com