Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Urai Kepadatan Mudik, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tanpa Tarif

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi jumlah kendaaran yang keluar Jabotabek dari H-7 sampai H+7 Lebaran, atau periode 15-30 April 2023, mencapai 2,78 juta kendaraan, naik 6,8 persen dari periode mudik 2022.

Secara distribusi, diperkirakan mayoritas kendaraan akan mengarah ke Timur atau Trans Jawa dengan kisaran 52 persen, lalu 28 persen ke Barat atau Merak, dan sisanya 20 persen menuju Selatan atau Puncak.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang sangat mungkin terjadi, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa langkah yang salah satunya membuka empat akses fungsional yang akan dioperasikan selama masa Lebaran tahun ini.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pihaknya mempersiapkan jalur fungsional tanpa tarif di dua jalan tol milik Jasa Marga Group.


Keduanya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan dua opsi, yakni dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km.

Satu lagi Jalan Tol Solo–Yogyakarta dari Kartasura (GT Colomadu) hingga Jl. Sawit sepanjang 6 Km, serta menyiapkan fungsional akses KM 99 Jalan Tol Cipularang dan pengoperasian fungsional akses KM 149 Jalan Tol Padaleunyi.

"Seluruh jalur dan akses fungsional diperuntukkan khusus kendaraan pribadi golongan 1 non bus dan non truk dibuka berdasarkan diskresi Kepolisian," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Senin (3/4/2023).

Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Lebaran bakal terjadi pada H-3 atau 19 April 2023 dengan lalu lintas mencapai 138.000 kendaraan.

Sementara untuk prediksi jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama sebesar 2,66 juta, naik 3,7 persen dari periode Lebaran 2022 atau naik 14 persen dari periode 2019.

Distribusi lalu lintas keluar wilayah Jabotabek di periode tersebut mayoritas menuju ke arah Timur atau Trans Jawa sebesar 52 persen, arah Barat-Merak 28 persen, dan ke arah Selatan atau Puncak 20 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/05/104200615/urai-kepadatan-mudik-jasa-marga-siapkan-jalur-fungsional-tanpa-tarif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke