Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI meresmikan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kupang (Nusa Tenggara Timur, Indonesia) menuju Dili (Timor-Leste) yang perdana beroperasi per 30 Maret 2023.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, layanan DAMRI Kupang - Dili resmi beroperasi pada 30 Maret 2023, dengan tarif gratis khusus hanya saat tanggal pembukaan layanan.

“Hadirnya layanan tersebut merupakan kesepakatan G2G yaitu bagian dari Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang On Cross Border Movement of Commercials Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste,” kata Fikri pada keterangan resminya, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Sektor Transportasi dan Logistik Tumbuh, Penjualan Truk Juga Naik

Adapun untuk layanan ini DAMRI akan menggunakan dua unit bus ALBN dengan tarif sebesar Rp 350.000. Kedua bus DAMRI tersebut hadir dengan jenis medium yang masing-masing berkapasitas 28. 

Nantinya rute yang dilalui yaitu Terminal Bimoku Kupang - Terminal Haumeni Soe - Terminal ALBN Kefamenanu - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain – Dili.

Untuk jam keberangkatan bus pertama dari Kupang yakni pukul 06.00 WITA dan jam kedatangan di Dili pukul 17.00 WITA. Sedangkan bus selanjutnya memiliki jam keberangkatan pukul 07.00 WITA dan jam kedatangan di Dili pukul 18.00 WITA.

Tiket bus DAMRI untuk mudik Lebaran 2023 sudah bisa dipesanDok. DAMRI Tiket bus DAMRI untuk mudik Lebaran 2023 sudah bisa dipesan

Semua titik lokasi check point tersusun dalam jadwal berikut:

1. Terminal Haumeni Soe memiliki jadwal check point pukul 08.00 dan 09.15 WITA
2. Terminal ALBN Kefamenanu memiliki jadwal check point pukul 09.55 dan 10.55 WITA
3. PLBN Motaain memiliki jadwal check point pukul 12.40 dan 13.40 WITA.

Baca juga: Jualan Mobil Listrik, MG Indonesia Bangun Charging Station di Diler

“Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui DAMRI Apps khusus keberangkatan dari Kupang, dan bisa memesan di loket keberangkatan di Pelabuhan Dili khusus keberangkatan dari Dili,” kata Fikri.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan DAMRI Kupang - Dili dapat menghubungi petugas DAMRI Cabang Kupang di nomor telepon 0812-5545-7150, call center DAMRI di 1500-825, atau melalui media sosial Instagram @DamriIndonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com