Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Wuling Alvez Masuk Ekspektasi

Kompas.com - 31/03/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak meluncur di IIMS 2023 pada Februari lalu, Wuling Alvez sudah terjual hampir 1.000 unit. Wuling menyebut angka tersebut sudah masuk ekspektasi di mana Alvez mengincar konsumen kaum muda.

Meski demikian, Direktur Marketing Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani enggan mengatakan secara spesifik berapa target penjualan Alvez per tahun. Alasannya Alvez terjun di segmen baru yaitu SUV ringkas.

Baca juga: Promo Mudik Lebaran, Cicilan Agya mulai Rp 3 Jutaan

"Sebenarnya sesuai seperti ekspektasi. Sebenarnya ini kan baru 1 bulan ya jadi sebelum IIMS kan kita tidak pernah memperkenalkan apa-apa jadi sebenarnya masih masa 1 bulan setengah rasanya ini sudah sesuai dengan ekspektasi," kata Dian di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Penampakan Wuling Alvez di IIMS 2023. Dok. Kompas.com/Gilang Satria Penampakan Wuling Alvez di IIMS 2023.

Dian yakin penjualan Alvez bakal terus meningkat ke depan sebab jika dilihat dari data internal Wuling banyak prospek atau calon konsumen yang tertarik meminang Alvez.

"Dan kalau kita lihat, prospeknya itu banyak prospeknya itu banyak sekali minatnya juga lagi banyak sekali dan mungkin sekarang itu lagi proses sekarang itu juga lagi proses mungkin diskusi dan negosiasi dengan sales tapi prospeknya," kata Dian.

Dian mengatakan, salah satu cara mencapat banyak calon konsumen ialah karena pihaknya kerap membuat regional launching. Dengan ini masyarakat bisa lebih dekat dengan Alvez dan bahkan menjajal dalam sesi test drive.

"Kalau bisa dilihat sebenarnya kita melakukan banyak regional launch di berbagai macam daerah ya itu yang fast dress juga banyak kita mendapatkan prospek juga banyak dan saat ini lagi on progress semuanya," kata Dian.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Generasi Baru Honda Civic Type R [Video]

Foto stok: Wuling Alvez.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Wuling Alvez.

Di sisi lain kehadiran Alvez dianggap sebagai pengganggu pasar SUV ringkas. Sebab banderol yang ditawarkan Wuling sangat bersaing, jika tidak mau disebut perang harga dengan pabrikan lain.

Dengan harga Rp 209 juta-Rp 295 juta, merek mobil asal China itu beradu pasar dengan Hyundai Creta yang dibanderol Rp 291,3 jutaan dan Honda HR-V dengan banderol mulai Rp 375 jutaan.

Banderol Alvez bahkan terpaut jauh dari Honda WR-V yaitu mulai Rp 279,4 juta dan Toyota Raize yang dibanderol Rp 232,4 juta. Tapi, masih kalah dari Daihatsu Rocky yang mulai buka harga dari Rp 205,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com