Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2023, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Pebalap Gasgas ini juga mengalami cedera berat.

Dikutip dari Crash.net, Sabtu (25/3/2023), Pol mengalami kecelakaan saat masuk tikungan 10 dengan kondisi sedang melaju kencang.

Akibat dari kecelakaan tersebut, bendera merah alias red flag pun dikibarkan.

Baca juga: FP2 MotoGP Portugal Bersebar Red Flag, Miller Tercepat Disusul Vinales

Pol mengalami patah tulang rahang, patah tulang punggung, dan mengalami pulmonary contusion (cedera paru-paru) akibat dari kecelakaan tersebut. Namun, belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya.

Saat ini, diduga ada tiga penyebabnya, yakni cedera karena mengenai gravel trap, tertimpa motornya sendiri, atau saat menabrak dinding pengaman.

Meski mengalami pukulan yang sangat berat pada dada dan punggungnya, Pol masih sadar dan bisa menggerakkan kaki serta lengannya.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Portugal, Alex Marquez Tercepat, Mir Kedua

Direktur Medis MotoGP Angel Charte mengatakan, Pol Espargaro mengalami kecelakaan dengan intensitas tinggi dan mengalami banyak trauma.

Untuk menentukan sejauh mana, dia perlu dievaluasi melalui pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit Faro, khususnya tulang belakangnya.

Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulangDok. The-race.com Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulang

"Tingkat oksigennya bagus, tetapi dia mengalami memar pada paru-paru yang cukup signifikan, sejauh mana kami perlu mengonfirmasi dengan CT scan dan MRI di rumah sakit Faro," ujar Charte.

Lebih lanjut Charte mengatakan, Pol Espargaro menderita trauma tulang belakang yang parah dan memar pada paru-parunya yang harus dipantau dengan ketat.

"Meskipun saya pikir dia akan pulih dengan baik, kami perlu melakukan tes yang sesuai untuk menentukan sejauh mana cederanya," kata Charte.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com