Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Simpan Barang Elektronik dan Tabung Bertekanan di Kabin Mobil

Kompas.com - 23/03/2023, 17:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar pada saat parkir dalam jangka waktu cukup lama tidak sering dijumpai. Meski demikian hal itu bisa terjadi dan tetap perlu diwaspadai oleh para pemilik kendaraan.

Hariadi, Asst. to Dept. Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika memarkir mobil guna menghindari hal yang dapat memicu ledakan maupun api.

Baca juga: Populasi Sopir Truk Semakin Langka, Minim Regenerasi

Korek gas bekas yang digunakan Edi Santoso untuk merakit aneka macan mainan.Dokumen Edi Santoso Korek gas bekas yang digunakan Edi Santoso untuk merakit aneka macan mainan.

“Sangat disarankan kepada pelanggan dan pemilik mobil untuk lebih memperhatikan barang-barang yang ditinggalkan di dalam mobil ketika keadaan parkir agar lebih aman," kata Hariadi kepada Kompas.com, Kamis (23/3/2023).

Hariadi mengatakan pada dasarnya jangan meninggalkan dua benda dalam mobil, pertama yaitu barang bertekanan gas dan kedua ialah barang elektronik.

"Tidak meletakan tas berharga, perangkat elektronik, korek api gas, dan botol aerosol menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi salah satu pemicu bahaya yang cukup fatal pada mobil yang terparkir,” kata dia.

Baca juga: Meluncur di Thailand, Ini Harga Honda CR-V Generasi Terbaru

Ilustrasi pengharum ruangan. PIXABAY/KHANTAYYAB98 Ilustrasi pengharum ruangan.

Berikut penjelasan Hariadi:

1. Barang bertekanan gas

Sebisa mungkin, hindari meninggalkan benda bertekenan gas seperti kaleng parfum, kaleng cairan pembasmi serangga, minuman bersoda dan korek api gas di dalam mobil yang sedang terparkir.

"Kaleng aerosol dapat menyebabkan ledakan yang cukup kuat ketika terpapar suhu panas dari luar dan dalam mobil. Sedangkan untuk minuman soda dan korek api gas, ketika terpapar suhu yang tinggi di dalam mobil dapat menyebabkan gas dan cairan di dalamnya menjadi panas dan bertekanan tinggi sehingga dapat meledak," kata Hariadi.

"Ketika korek api gas tersebut meledak, pecahannya dapat membuat kaca mobil pecah dan apinya bisa menyambar ke komponen mobil lainnya," ungkap dia.

Baca juga: Powerbank, Jadi Penyebab Suzuki Ignis Terbakar Saat Parkir

Kotak penjualan Oppo Reno8 T 5G dan isi di dalamnya . Di dalam kotak penjualan Reno8 T 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa pelengkap dan aksesori, selain mendapatkan unit ponselnya.

Beberapa di antaranya adalah kepala (adapter) pengisi daya (charger) SuperVOOC 67W, kabel data USB (USB-A ke USB-C), SIM ejector, panduan cepat dan keselamatan memakai ponsel, serta pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.KOMPAS.com/Bill Clinten Kotak penjualan Oppo Reno8 T 5G dan isi di dalamnya . Di dalam kotak penjualan Reno8 T 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa pelengkap dan aksesori, selain mendapatkan unit ponselnya. Beberapa di antaranya adalah kepala (adapter) pengisi daya (charger) SuperVOOC 67W, kabel data USB (USB-A ke USB-C), SIM ejector, panduan cepat dan keselamatan memakai ponsel, serta pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.

2. Barang elektronik

Barang elektronik sehari-hari seperti ponsel, kamera digital, powerbank, laptop, dan GPS diharapkan tidak ditinggalkan dalam mobil terpakir dalam jangka waktu yang lama. Apalagi diletakan di area dashboard yang terjemur matahari langsung.

Umumnya, barang elektronik menggunakan baterai sebagai sumber energi pada perangkat elektronik dapat mengalami kondisi peningkatan suhu ketika didiamkan di dalam kabin mobil yang berhenti dan terjemur panas matahari.

Baca juga: Ini Ancaman Pidana Melawan Polantas dengan Kekerasan

Penggunaan power outlet untuk men-charging powerbank- Penggunaan power outlet untuk men-charging powerbank

Keadaan semakin parah apabila baterai dalam kondisi yang sudah tidak baik seperti kembung dan sebagainya. Kemudian ditambah tidak ada sirkulasi udara yang membuat suhu makin panas.

"Dalam suhu kabin yang ekstrem dan kondisi baterai yang tidak baik dapat berpotensi meledak sewaktu-waktu dan dampak terparahnya dapat memicu kebakaran mobil," ungkap Hariadi.

"Agar lebih aman, pengemudi disarankan turut menurunkan benda atau barang elektronik ketika hendak meninggalkan mobil yang terparkir," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com