Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Boleh BAB di Toilet Bus jika Ada Septic Tank

Kompas.com - 10/02/2023, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tidak luput dari berbagai fasilitas yang diberikan oleh perusahaan otobus.

Toilet di dalam bus kerap menjadi salah satu fasilitas yang diberikan oleh PO untuk menambah kenyamanan penumpang. Pada toilet penumpang, biasanya terdiri dari tempat buang air kecil dan juga wastafel untuk cuci tangan.

Kemudian, jika naik bus AKAP yang memiliki toilet, akan ada peringatan bagi penumpang untuk dilarang buang air besar menggunakan toilet tersebut. Hal ini lantaran tidak semua bus memiliki septic tank untuk menampung limbah kotoran.

Baca juga: Hindari Maling, Apakah Aman Pasang Kunci Rahasia pada Motor?


“Pengalaman saya  waktu kerja bawa bus di Arab Saudi dulu pada 2008, disana bus sudah pakai septic tank. Jadi bisa untuk buang air besar. Di Indonesia saat ini juga sudah ada beberapa bus yang menggunakan septic tank, namun kebanyakan belum,” kata Rudy, salah satu sopir bus dari PO Indorent, kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2023).

Umumnya bus AKAP tanpa septic tank hanya mengizinkan penumpang untuk buang air kecil saja. Namun, Rudy menyebutkan bahwa bus yang memiliki toilet dengan septic tank akan mengizinkan penumpang yang ingin buang air besar.

Baca juga: Punya Standar Tinggi, Mesin Buatan Chery Mampu Tembus Pasar Global

Toilet busKompas.com/Fathan Radityasani Toilet bus

Melengkapi hal tersebut, Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto membenarkan bahwa saat ini telah banyak bus di Indonesia yang dirancang menggunakan septic tank.

“Sebagian besar bus yang pakai toilet saat ini sudah pakai septic tank. Kalau tidak pakai septik tank tidak dipakai untuk buang air besar. Kalau toilet pakai septic tank biasanya pembuangan toilet jadi tidak langsung jatuh ke jalanan,” kata Werry kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com