Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Pelanggaran yang Jadi Target Operasi Keselamatan Semeru 2023

Kompas.com - 08/02/2023, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Operasi Keselamatan 2023 pada masing-masing daerah dilaksanakan secara serempak pada 7 sampai 20 Februari 2023. Termasuk salah satunya Polres Gresik yang melaksanakan Operasi Keselamatan Semeru 2023.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Wakapolres Gresik Kompol Kadek Oka Suparta mengatakan satuan tugas Polres Gresik didukung instansi terkait menyelenggarakan Operasi Keselamatan Semeru dalam bentuk meningkatkan Kamseltibcar Lantas dengan mengedepankan giat preemtif melalui pendidikan dan penyuluhan lantas, tindakan preventif.

“Dengan melibatkan 117 personel dengan mengedepankan giat preemtif melalui pendidikan dan penyuluhan lalu lintas, tindakan preventif dan meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat berlalu lintas,” ucapnya dilansir dari NTMC Polri, Rabu (8/2/2023).

Baca juga: Ini 7 Pelanggaran yang Bakal Ditindak Selama Operasi Keselamatan Candi 2023

Kapolda Riau Irjen Muhammad membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor pada operasi keselamatan berlalulintas beberapa waktu lalu.Dok Polda Riau Kapolda Riau Irjen Muhammad membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor pada operasi keselamatan berlalulintas beberapa waktu lalu.

Target Operasi Keselamatan Semeru 2023 diantaranya; pengemudi menggunakan HP, melawan arus, berkendara melebihi batas kecepatan, berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan helm, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan pengemudi dalam keadaan mabuk.

Tidak hanya bentuk pelanggaran yang disebabkan oleh perilaku pengemudi, tapi kelengkapan kendaraan juga akan ditertibkan; seperti kendaraan tidak layak jalan, mobil barang, angkutan umum, sepeda motor yang digunakan untuk balap liar, kendaraan tidak standar pabrikan, kendaraan yang menambahkan sirine atau rotator atau strobo bukan pada peruntukannya, dan TNKB ranmor yang tidak sesuai dengan aturan atau spektek.

Baca juga: Operasi Keselamatan Candi 2023, Ditlantas Polda Jateng Turunkan 3.331 Personil

Polisi Bagikan Minyak Goreng dan Helm di Titik 0 Km Gunungkidul Selasa (8/3/2022)Dok Humas Polres Gunungkidul Polisi Bagikan Minyak Goreng dan Helm di Titik 0 Km Gunungkidul Selasa (8/3/2022)

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Agung Fitransyah mengatakan, dari Operasi Keselamatan Semeru 2023 ini diharapkan dapat menekan pelanggaran dan angka laka lantas.

Operasi keselamatan Semeru 2023 ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran dan laka lantas di wilayah Kabupaten Gresik,” ucap Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com