Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Jasa Derek Mobil? Sekian Biaya yang Perlu Disiapkan

Kompas.com - 06/02/2023, 14:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa mobil derek sangat dibutuhkan bagi pengguna roda empat yang mengalami masalah seperti mogok atau kecelakaan di tengah jalan.

Bila kendaraan mogok di jalan tol, biasanya jasa mobil derek dilakukan Jasa Marga. Namun, jika Anda memilih jasa derek dari perusahaan swasta, sebaiknya ketahui dulu berapa biaya yang dikenakan. Tentu hal ini harus dipahami agar pemilik kendaraan tidak tertipu oknum petugas.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa derek gendong atau towing mobil. Harga untuk layanan ini bervariasi, biasanya tergantung dengan kondisi kendaraan dan jarak tempuh.

Baca juga: Alasan PO Raya Tanpa Ada Layanan Pramugari

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa derek mobil?

Erwin, dari AA Club Towing Jakarta, mengatakan, biaya bervariasi tergantung dengan jarak pengiriman. Namun, untuk dalam kota akan dikenakan tarif flat.

Sebuah mobil diderek oleh petugas Dishub DKI di dalam Ancol. Banyak kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan pada perayaan tahun baru ini. Kamis (31/12/2015)Kompas.com/Robertus Belarminus Sebuah mobil diderek oleh petugas Dishub DKI di dalam Ancol. Banyak kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan pada perayaan tahun baru ini. Kamis (31/12/2015)

“Kalau kita mobilnya pakai yang model towing. Dalam kota DKI Jakarta, jauh dekat biayanya 500.000. Kalau untuk keluar kota beda lagi harganya, contoh Bandung tarifnya Rp 1.5 juta, Yogyakarta Rp 3,5 juta,” ucap Erwin saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/2/2023).

Tarif yang tidak jauh berbeda juga diterapkan oleh SMGA Towing Jakarta. Untuk penggunaan mobil derek dalam kota dikenakan tarif Rp 550.000.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Membedakan Derek Legal dan Ilegal

“Kita punya dua jenis mobil, yang model towing dan yang model ditarik. Tarifnya sama Rp 550.000. Tinggal pesan, nanti kita foto dan cek, turun kita foto kirim ke pemilik,” ucap admin SMGA Towing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com