Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Tampilan Motor Warna Doff Menjadi Glossy mulai Rp 400.000

Kompas.com - 16/01/2023, 11:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com – Motor-motor keluaran baru umumnya punya pilihan warna cat doff. Tren warna doff memang sempat ramai karena bikin tampilan motor jadi lebih berkarakter, mewah, tapi tetap elegan.

Meski begitu, warna glossy mulai diminati kembali. Seperti Honda yang mengeluarkan seri PCX warna Magnificent Red, kemudian Yamaha dengan NMAX terbaru warna Metallic Blue.

Martin Surya, pemilik bengkel cat Surya Painting di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, warna glossy banyak dipilih konsumen karena mudah dalam perawatan.

Baca juga: Diskon Suzuki S-Cross Tembus Rp 60 Juta

Modifikasi Yamaha All New Nmax 155 dipenuhi komponen aftermarketDok. Robby Ganie Modifikasi Yamaha All New Nmax 155 dipenuhi komponen aftermarket

“Dari sisi perawatan lebih susah doff, debu gampang nempel. Bersihkan motor harus lebih teliti. Kalau dari sisi antigores-nya kurang lebih sama," ujar Martin, kepada Kompas.com (13/1/2023).

Ia pun menyediakan jasa ubah warna doff menjadi glossy buat motor. Menurutnya, modifikasi seperti ini memakan waktu kurang lebih seminggu.

Sebab, cat doff bawaan motor tidak hanya dilapisi pernis semata. Melainkan dikerok, lalu dicat ulang dengan warna yang senada dengan bawaan motor.

Baca juga: Jangan Siram Rem Mobil yang Panas di Turunan Curam, Ini Akibatnya

Cat doff langsung disemprot pernis agar mengilap seperti cat glossy tidak bisa. Karena bodi tetap harus diamplas agar cat tidak ngelotok,” ucap Martin.

“Ketika diamplas otomatis permukaan cat rusak, sehingga lebih baik sekalian dicat glossy, enggak bisa sekadar semprot pernis,” kata dia.

Perihal biaya, modifikasi mengubah tampilan warna ini memerlukan dana kisaran ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

“Kalau motor Beat kisaran Rp 400.000 sampai Rp 500.000, untuk bodi-bodi saja. Kalau Vario Rp 700.000 sampai Rp 800.000. NMAX dan PCX di atas Rp 1 juta,” kata Martin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.