Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil diesel memang punya keunggulan pembakaran bahan bakar yang efisien. Apalagi torsi yang dihasilkan mesin diesel bisa dibilang badak, sangat tangguh dipakai untuk harian atau kebutuhan berat (heavy duty).

Namun, mobil diesel punya satu penyakit yang cukup menyeramkan jika sampai terjadi, yakni diesel runaway. Ketika diesel runaway terjadi, mesin menyala dan putaran mesin tinggi tetapi tidak bisa dimatikan lewat kunci kontak.

Misal seperti yang terjadi pada video Tiktok yang diunggah akun Moel Experiment. Tampak mobil diesel sedang mengalami masalah, asap putih mengpul dan kap mesin dibuka sambil terdengar suara mesin dalam putaran tinggi.

Baca juga: Beda Mesin Diesel dan Bensin

@mulhinaries

Diesel Runway

? suara asli - Moel Experiment

 

"Rawatlah mobil diesel anda, jangan sampai terjadi engine RunAway seperti ini," tulis unggahan tersebut, dikutip Kompas.com, Rabu (4/1/2022).

Jadi mesin terus menyala bahkan dari knalpot keluar kepulan asap putih. Tentu saja kejadian seperti ini bisa membuat panik pemiliknya, khawatir mesin meledak atau hal lain yang bisa merusak mesin.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, diesel runaway terjadi karena masalah di supply pump.

Baca juga: Harganya Turun, Berikut Daftar Banderol Pertamax di Seluruh Indonesia

"Ada potensi plunger-nya bermasalah, sehingga tidak mau balik ke posisi semula. Plunger itu komponen utama sistem pompa injeksi di mesin diesel,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Didi menjelaskan, plunger bisa saja macet, karena komponen tersebut sebenarnya presisi. Penyebab dari macetnya plunger bisa karena pemakaian solar yang kualitasnya buruk dan kurang perawatan.

"Banyak faktornya, tapi dengan perawatan berkala, termasuk penggantian filter solar dan pemilihan solar bisa mencegah macet," ucap Didi.

Jika sedang mengemudi dan mesin alami diesel runaway, segera parkir di tempat yang aman dan tarik rem tangan. Kalau ada penumpang, minta semuanya untuk turun, dan menjauh dari kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.