BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Mau Beli Mobil Baru di Akhir Tahun? Ikuti 4 Tip Berikut agar Tak Salah Pilih

Kompas.com - 21/12/2022, 16:11 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Momen akhir tahun dinilai sebagian orang menjadi waktu yang tepat untuk mengganti mobil lama dengan yang baru. Sebab, banyak jenama kendaraan menyediakan berbagai promo dan diskon menarik pada momen tersebut.

Anda yang memiliki rencana mengganti mobil lama atau membeli mobil baru juga dapat memanfaatkan momen tersebut. Namun, besaran promo ataupun diskon yang ditawarkan jangan sampai membuat Anda secara asal memilih kendaraan sehingga menyesal di kemudian hari.

Ingat, jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli mobil tidaklah kecil. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki pertimbangan yang matang sebelum membeli.

Berikut adalah empat tip yang bisa Anda lakukan sebelum membeli mobil pada akhir tahun.

1. Sesuaikan kebutuhan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum membeli mobil baru adalah memastikan kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Langkah itu diperlukan untuk memudahkan Anda dalam memutuskan jenis kendaraan yang akan dibeli.

Sebagai contoh, bila sudah berkeluarga, Anda dapat memilih mobil berjenis multi-purpose vehicle (MPV). Kendaraan jenis ini dapat menampung lebih banyak penumpang dan barang ketimbang jenis sedan. Oleh karena itu, cocok untuk menunjang mobilitas keluarga.

Jika Anda memiliki jiwa petualang dan suka bepergian ke berbagai jenis medan, pilihlah mobil berjenis crossover atau sport utility vehicle (SUV). Sebab, kendaraan jenis tersebut dapat diandalkan di medan tanjakan, gravel, atau jalan aspal.

2. Tentukan bujet

Hal penting selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan bujet. Jangan sampai kondisi finansial Anda malah terbebani lantaran mobil yang dibeli memiliki harga jauh di atas kemampuan.

Oleh karena itu, pilih mobil sesuai bujet yang sudah Anda tentukan dan sesuai dengan kondisi keuangan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari masalah finansial di kemudian hari.

Perlu diketahui, prinsip membeli mobil sesuai bujet tak hanya berlaku bagi Anda yang ingin membeli mobil secara tunai. Pembelian mobil secara kredit pun perlu memperhitungkan kemampuan finansial.

Setidaknya, cicilan bulanan mobil baru Anda tidak melebihi batas atas rasio kredit. Untuk diketahui, batas atas rasio kredit adalah 30 persen dari total penghasilan bulanan.

Nilai itu dihitung berdasarkan akumulasi kredit yang sudah diambil. Jika angsuran pembayaran mobil membuat rasio kredit Anda melebihi angka 30 persen, keuangan Anda berisiko terganggu.

Adapun untuk menyesuaikan angsuran dengan rasio kredit, Anda bisa memperbesar down payment (DP). Semakin besar DP, maka cicilan bulanan akan semakin kecil.

3. Cek layanan purnajual

Langkah selanjutnya adalah mengecek ketersediaan layanan purnajual. Hal ini penting menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil baru.

Sebab, konsumen akan sering berinteraksi dengan layanan purnajual untuk melakukan servis berkala, baik perawatan maupun perbaikan kendaraan.

Kendaraan dengan layanan purnajual yang baik juga akan memudahkan Anda dalam mengganti sejumlah komponen bila terdapat kerusakan pada kendaraan selama masa pemakaian.

Bila dealer tak menyediakan layanan purnajual yang memadai, Anda bisa kerepotan jika mobil bermasalah. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan brand yang memiliki layanan purnajual dengan jaringan luas dan memiliki pelayanan berkualitas dalam memilih mobil baru.

Adapun layanan purnajual yang disediakan dealer umumnya meliputi jaringan bengkel yang luas, ketersediaan suku cadang dan aksesori, paket servis berkala, serta garansi kendaraan. Layanan tersebut dapat dinikmati sebagai fasilitas sepanjang masa garansi berlaku.

4. Lakukan perbandingan harga

Meski produsen kendaraan memberikan diskon besar-besaran, ada baiknya hal tersebut tak membuat Anda untuk mengambil keputusan secara terburu-buru.

Anda perlu mengunjungi beberapa dealer untuk melakukan perbandingan harga beserta promo yang dihadirkan.

Lewat cara tersebut, Anda bisa mengetahui dealer yang menghadirkan promo menarik dengan harga terbaik.

Saat ini, salah satu produsen kendaraan yang tengah menghadirkan promo menarik untuk pembelian kendaraan adalah Wuling. Pabrikan mobil asal China tersebut kini tengah menggelar program promo akhir tahun, Year End Sale (YES). Program ini telah berlangsung sejak November dan akan berakhir pada Desember 2022.

Melalui program YES, konsumen bisa menikmati sejumlah penawaran khusus, mulai dari uang muka ringan, cicilan terjangkau, hingga gratis biaya servis berkala.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, program YES digelar untuk menjawab animo tinggi masyarakat dalam memiliki kendaraan baru pada akhir tahun.

“Oleh karena itu, kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki lini produk Wuling melalui program YES. Promo ini berlaku di seluruh Indonesia. Mari manfaatkan kesempatan istimewa ini untuk berkendara bersama Wuling menuju kehidupan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan semangat ‘Drive for A Better Life’ yang kami usung,” ujar Dian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/12/2022).

Dian menambahkan, program YES berlaku untuk tiga pembelian produk kendaraan Wuling.

Baca juga: Bahas Fitur Canggih yang Disematkan di Wuling Almaz Hybrid

Pertama, produk Wuling Almaz RS. Lewat promo tersebut, konsumen dapat membeli produk Almaz RS dengan uang muka mulai dari Rp 20 juta dan cicilan mulai dari Rp 7 juta per bulan.

Promo Year End Sale dari Wuling. Dok. Wuling Promo Year End Sale dari Wuling.

“Almaz RS adalah the first intelligent digital car yang dilengkapi dengan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Teknologi tersebut merupakan perpaduan antara teknologi internet of vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS),” jelas Dian.

Kedua, Wuling New Cortez. Promo yang dihadirkan untuk pembelian kendaraan ini adalah uang muka mulai dari Rp 13 juta dan cicilan mulai dari Rp 5 juta.

Untuk diketahui, Wuling New Cortez adalah kendaraan berjenis MPV yang dilengkapi dengan inovasi canggih, seperti perintah suara berbahasa Indonesia atau Wuling Indonesian Command (WIND) dan Wuling Remote Control App via IoV.

Ketiga, Wuling New Confero S. Wuling menghadirkan uang muka ringan mulai dari Rp 12 juta untuk kendaraan ini.

Selain itu, konsumen juga bisa menikmati cicilan mulai dari Rp 3 juta per bulan untuk memiliki MPV yang dilengkapi dengan kabin lapang serta fitur keselamatan yang mumpuni di kelasnya tersebut.

“Tak hanya itu, Wuling turut menawarkan gratis biaya servis berkala selama 4 tahun atau 50.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, dalam program YES bagi ketiga produk tersebut. Perlu diingat, terdapat syarat dan ketentuan berlaku untuk program YES,” kata Dian.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com