Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melebihi Ekspektasi, Inden Subaru BRZ Mencapai 10 Bulan

Kompas.com - 27/10/2022, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Subaru Indonesia mengungkapkan bahwa permintaan pasar di dalam negeri terhadap generasi ke-2 BRZ yang resmi diluncurkan pada gelaran GIIAS 2022, Agustus lalu, melebihi ekspektasi.

Terlihat dari jumlah pemesanan dan antrean yang kini terbilang cukup panjang. Bahkan, apabila ada konsumen yang melakukan pembelian sekarang baru bisa mendapatkannya 10 bulan kemudian.

"Untuk BRZ pasti inden karena memang demand-nya luar biasa. Sakarang, sampai pada Juli tahun depan," ucap Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia Arie Christopher saat ditemui di Bandung, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Jepang Tidak Ingin Bergantung pada China, Harga Kendaraan Bisa Naik

All New Subaru BRZ dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). The All New Subaru BRZ dibanderol Rp 852 juta untuk transmisi manual, dan Rp 850 juta untuk transmisi matik.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO All New Subaru BRZ dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). The All New Subaru BRZ dibanderol Rp 852 juta untuk transmisi manual, dan Rp 850 juta untuk transmisi matik.

Namun pada kesempatan itu Arie tak bisa mengatakan secara pasti jumlah pemesanan BRZ terkini. Termasuk pasokkan unitnya yang didatangkan dari Jepang dengan status completely built-up (CBU).

"Kalau angkanya, saya belum tahu pasti tetapi total berkisaran di 100 unit untuk seluruh produk Subaru Indonesia, yaitu BRZ, Forester, dan XV. Total pemesanan BRZ dan Forester mirip-mirip jumlahnya," katanya.

Diketahui, BRZ terbaru memiliki perbedaan signifikan dibanding generasi sebelumnya seperti dapur pacu yang kini dilengkapi dengan mesin Boxer 2.4 liter naturally aspirated bertenaga 235 Tk dan torsi puncak 250 Nm.

Mesin terbaru ini hadir dengan tenaga yang meningkat lebih dari 15 persen, lebih responsif, torsi yang lebih merata di semua putaran, namun tetap kompak dan ringan.

Baca juga: Jalan Tol Pertama yang Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia

Subaru BRZDoc Subaru Subaru BRZ

Konfigurasi mesin ini juga memungkinkan Ultra-Low Center of Gravity untuk memastikan kemampuan melahap tikungan khususnya saat digunakan di lintasan balap.

Adapun untuk fitur keselamatan, Subaru BRZ dilengkapi dengan bantuan pengemudi Subaru EyeSight generasi ke-4. Sistem ini meliputi Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert.

Diperkenalkan dengan 2 varian trim, mobil ditawarkan dengan harga Rp 825 juta untuk varian manual dan Rp 850 juta pada varian otomatik EyeSight-nya.

Sementara itu, mengenai kondisi ketersediaan unit XV dan Forester, masih ready stock. Namun diakui pada beberapa warna tertentu harus inden 2-3 bulan alias kuartal pertama tahun 2023.

Warna yang dimaksud, ialah desert khaki untuk model XV serta Gray Metallic dan Autumn Grey pada model Forester.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com