Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 6.000 Unit Motor Listrik Viar Q1 yang Dipakai Grab

Kompas.com - 17/10/2022, 14:28 WIB
|


SEMARANG, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan mulai beralih menggunakan motor listrik untuk operasional. Salah satunya ialah Grab yang memakai Viar Q1 untuk armada angkut ojek online (ojol).

GM PT Triangle Motorindo (Viar Motor) Dimas Tommy Radityo mengatakan, sampai saat ini Viar Q1 yang pertama kali meluncur 2017 sudah digunakan para pengendara ojol di delapan kota besar di Indonesia.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Servis Berkala Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).Foto: Viar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).

Motor listrik Q1 ini lebih dari 6.000 unit telah digunakan oleh Grab sebagai armada operasional para drivernya di delapan kota besar," kata Dimas saat kunjungan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita ke pabrik Viar di Semarang, akhir pekan lalu.

"Di sini menunjukkan ketahanan dari unit Viar Q1 yang dibuktikan dengan durasi operasional pada driver yang mencapai lebih dari 100 km per hari,” kata dia.

Dimas mengatakan, Viar Q1 diproduksi di pabrik di Semarang. Pabrik pertama Viar berdiri pada 2000 berlokasi di Kawasan Terboyo, kemudian relokasi ke Kawasan Industri BSB pada Maret 2011.

Baca juga: Mengenal Daftar Pelat Nomor Menteri dan Pejabat di Indonesia

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

Relokasi pabrik disebut untuk meningkatkan sistem produksi, kapasitas produksi, dan kualitas produksi.

“Pabrik baru seluas 20 hektare ini memiliki kapasitas produksi hingga 1000 unit per hari sehingga menjadikan kami sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia," kata Dimas.

"Tak hanya itu, perusahaan juga terus meningkatkan hilirisasi industri komponen dalam negeri untuk menjadi bagian dari rantai pasok Viar,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.