Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 6.000 Unit Motor Listrik Viar Q1 yang Dipakai Grab

Kompas.com - 17/10/2022, 14:28 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan mulai beralih menggunakan motor listrik untuk operasional. Salah satunya ialah Grab yang memakai Viar Q1 untuk armada angkut ojek online (ojol).

GM PT Triangle Motorindo (Viar Motor) Dimas Tommy Radityo mengatakan, sampai saat ini Viar Q1 yang pertama kali meluncur 2017 sudah digunakan para pengendara ojol di delapan kota besar di Indonesia.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Servis Berkala Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).Foto: Viar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).

Motor listrik Q1 ini lebih dari 6.000 unit telah digunakan oleh Grab sebagai armada operasional para drivernya di delapan kota besar," kata Dimas saat kunjungan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita ke pabrik Viar di Semarang, akhir pekan lalu.

"Di sini menunjukkan ketahanan dari unit Viar Q1 yang dibuktikan dengan durasi operasional pada driver yang mencapai lebih dari 100 km per hari,” kata dia.

Dimas mengatakan, Viar Q1 diproduksi di pabrik di Semarang. Pabrik pertama Viar berdiri pada 2000 berlokasi di Kawasan Terboyo, kemudian relokasi ke Kawasan Industri BSB pada Maret 2011.

Baca juga: Mengenal Daftar Pelat Nomor Menteri dan Pejabat di Indonesia

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

Relokasi pabrik disebut untuk meningkatkan sistem produksi, kapasitas produksi, dan kualitas produksi.

“Pabrik baru seluas 20 hektare ini memiliki kapasitas produksi hingga 1000 unit per hari sehingga menjadikan kami sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia," kata Dimas.

"Tak hanya itu, perusahaan juga terus meningkatkan hilirisasi industri komponen dalam negeri untuk menjadi bagian dari rantai pasok Viar,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com