Ingat Lagi, Ini Sanksi Jika Parkir Kendaraan Sembarangan

Kompas.com - 18/09/2022, 11:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Parkir merupakan bagian penting dalam menggunakan kendaraan. Jika parkir sembarangan atau tidak di tempat yang tepat akan menjadi sumber bahaya diri sendiri dan juga sekitar.

Parkir sendiri adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Dalam Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 106 ayat ( 4 ) huruf a dan huruf e disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan rambu perintah serta larangan ketentuan cara berhenti dan parkir.

Pemerhati masalah transportasi dan Hukum Budiyanto mengatakan jika kendaraan bermotor dilarang parkir pada tempat tertentu yang membahayakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas.


“Misalnya parkir di tikungan, di atas jembatan, di muka pintu keluar masuk pekarangan yang belum lama ini viral. Ketentuan ini juga diatur dalam Perda No 5 th 2014 tentang transportasi,” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Minggu (17/9/2022).

Parkir sembarangan pada jalanan lingkungan atau perumahan juga tidak diperbolehkan karena dapat mengganggu dan merugikan masyarakat secara umum.

Ilustrasi tempat parkir.KOMPAS. com/FARID ASSIFA Ilustrasi tempat parkir.

Bagi yang melanggar ketentuan tentang parkir dapat dikenakan sanksi seperti yang tercantum pada UU LLAJ 287 ayat 3 yang mana melanggar rambu-rambu atau marka dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp 500.000.

Baca juga: Axor Euro 4 Sudah Terjual Sekitar 200 Unit Sejak Dirilis Juni 2022

Sanksi lainnya yaitu dapat dikenakan pasal 62 ayat 3 Perda No 5 th 2014 tentang Transportasi. Sanksi tersebut bisa dikunci ban, cabut pentil atau penderekan untuk ditempatkan pada tempat khusus yang telah disiapkan.

“Aturan yang mengatur tentang Parkir dalam UU LLAJ dan turunannya sudah jelas sehingga diharapkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan tidak boleh memarkirkan kendaraan sembarangan atau parkir tidak pada tempatnya,” kata Budiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.