[POPULER OTOMOTIF] Mitos atau Fakta, Berkendara Tanpa AC Bisa Lebih Hemat BBM? | Toyota Batalkan Pesanan Harrier dan Land Cruiser

Kompas.com - 28/07/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menonaktifkan pendingin udara alias air conditioner (AC), menjadi salah satu cara yang sampai saat ini dipercaya bisa menghemat bahan bakar mobil saat berkendara.

Namun soal kebenaranya masih banyak dipertanyakan dan menjadi pro kontra. Banyak yang menganggap hal tersebut hanya mitos, karena berkendara irit tergantung dari beragam faktor.

Menyikapi hal ini, Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo mengatakan, pada suatu kondisi memang mematikan AC bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Sementara itu, krisis cip dan adanya lockdown di Shanghai, China nampaknya sangat berdampak pada produksi kendaraan, tidak terkecuali Toyota Motor Corporation di Jepang.

Dikutip dari Nikkei, Toyota Motor membatalkan pesanan model SUV di beberapa diler besar di Jepang. Hal ini dilakukan karena adanya keterlambatan produksi yang disebabkan Shanghai lockdown.

Berdasarkan keterangan dari diler di Jepang, ini pertama kalinya Toyota membatalkan pesanan kendaraan karena masalah produksi. Bahkan, para pemesan Harrier diminta untuk mengambil versi baru yang rilis September nanti.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 27 Juli 2022.

1. Mitos atau Fakta, Berkendara Tanpa AC Bisa Lebih Hemat BBM?

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

“Bisa saja mematikan AC konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, secara penggerak kompresor AC mengambil dari putaran mesin," ucap Anom, kepada KOMPAS.com, Selasa (26/7/2022).

"Jika semua daya mesin dipakai hanya untuk memikul beban kendaraan, tanpa ada kompresor yang membebani tentu saja konsumsi BBM menjadi lebih hemat,” lanjutnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.