Kompas.com - 15/07/2022, 10:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) merilis angka realisasi penjualan motor domestik pada sepanjang Januari-Juni 2022. Tercatat pada semester I/2022 penjualan motor turun 8,3 persen.

Secara lebih rinci, total penjualan pada enam bulan pertama tahun ini meraih 2.246.627 unit. Padahal pada semester I/2021 bisa mendapat 2.450.088 unit.

Artinya, penjualan motor saat ini masih berada di bawah capaian ketika pandemi Covid-19 sedang merajalela pada tahun lalu.

Baca juga: Daftar Motor Bebek Bekas Rp 5 Jutaan, Dapat Shogun hingga Supra X 125

Suasana pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.

Sekretaris Jenderal AISI Hari Budianto, mengakui bahwa industri roda dua masih terkena dampak krisis cip semikonduktor.

Komponen ini berfungsi mendukung kinerja beberapa fitur motor, seperti panel instrumen digital, sistem keyless, dan beragam fitur elektronik lainnya.

Hal ini secara langsung telah menghambat produksi, dan menyebabkan antrean pemesanan kendaraan hingga berbulan-bulan.

Baca juga: Lebih Bongsor, Intip Spesifikasi Generasi Keenam Honda CR-V

Meski begitu, capaian pada Juni 2022 telah mengalami pertumbuhan daripada bulan sebelumnya.

Di mana penjualan Juni lalu memperoleh 296.334 unit atau meningkat 19,38 persen, dibandingkan Mei 2022 yang meraih 248.235 unit.

Case masih sama, cuma jumlah hari kerja di Juni kan enggak sesedikit Mei yang libur Lebaran, itu saja,” ujar Hari, kepada Kompas.com (14/7/2022).

Baca juga: Detail Spesifikasi Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev

Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022Dok. YIMM Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022

Sementara itu, melihat komposisinya, motor skutik masih mendominasi penjualan pada semester I/2022 sebanyak 86,86 persen.

Adapun motor bebek atau underbone berkontribusi sebesar 7,41 persen, dan motor sport sekitar 5,73 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.