Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pendalaman Teori Sebelum Belajar Mengemudi Mobil

Kompas.com - 01/06/2022, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Syarat utama mengemudi adalah harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Agar bisa mendapatkan SIM, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan, salah satunya adalah fasih dalam mengendarai mobil

Untuk bisa mahir mengemudikan mobil, tentu butuh keterampilan dan latihan yang cukup. Kemampuan menyetir tentunya harus bertambah seiring dengan pengalaman di jalan raya.

Bagi Anda yang belum bisa dan ingin mengemudikan mobil, sebaiknya mengikuti kursus mengemudi. Lokasi kursus yang aman dan waktunya juga bisa menyesuaikan dengan keinginan peserta.

Baca juga: Naik Motor Jangan Asal Ngerem, Ingat Lagi Teknik yang Benar

Lantas, adakah cara supaya bisa cepat mahir mengemudikan mobil?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sebelum praktik mengemudi di jalan, peserta wajib mengikuti kelas teori awal.

Kelas tersebut membahas tentang persiapan fisik dan psikis pengemudi, teknik pemeriksaan kendaraan, persiapan sebelum mengemudi, serta teknik mengemudikan kendaraan yang benar di setiap posisi.

kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani kursus mengemudi

“Jadi ketika tahap praktik, peserta juga melakukan apa yang sudah dipelajari melalui kelas teori. Dengan begitu, peserta akan mengetahui cara berkendara yang baik,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Marcell juga menyarankan, untuk pemula yang ingin belajar mengemudikan mobil, lebih baik dilakukan secara berturut-turut.

Baca juga: Cara Mereduksi Dampak Kecelakaan Saat Truk Alami Rem Blong

“Sebaiknya dilakukan secara berturut-turut, tidak selang seling. Hal tersebut dikarenakan materi yang sebelumnya masih segar sehingga tidak ada penurunan penyerapan materi yang terlalu besar,” katanya.

Pemilihan jadwal kursus memang tidak terbatas, bisa menyesuaikan jadwal peserta dan tempat kursus. Sebaiknya memilih jadwal latihan yang tidak berjauhan selang waktunya.

“Waktu kursus dipilih oleh peserta dan menyesuaikan dengan jadwal yang ada di tempat kursus mengemudi,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com