Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jadwal MotoGP Amerika 2022, Balapan Digelar Senin Pagi | Mana yang Lebih Laris di Pameran IIMS 2022, Mobil atau Motor?

Kompas.com - 11/04/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Seri keempat MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Austin, Texas. Sirkuit ini didominasi oleh Marc Marquez dengan tujuh kemenangan. Namun, kondisi saat ini cukup berbeda bagi Marquez. Pebalap Repsol Honda tersebut baru saja mengalami diplopia kembali.

Meski dinyatakan sehat kondisinya untuk kembali balapan, tapi catatan waktu Marquez belum pernah jadi yang tercepat. Pada sesi latihan bebas FP1 ada di urutan kelima dan FP2 di urutan keenam.
Selain itu, Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, sejumlah agen pemegang merek (APM) roda empat dan roda dua, hingga aksesoris turut serta dalam pameran tahunan ini.

Selama 10 hari pameran, ajang ini diklaim berhasil mentorehkan capaian positif. Di mana jumlah pengunjung meningkat 260 persen dibandingkan tahun lalu, sebesar 219.000 orang.

Adapun, total transaksi tembus Rp 2,1 triliun sampai Sabtu (10/4/2022) malam, berdasarkan data yang sudah dilaporkan agen pemegang merek (APM).

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 10 April 2022.

1. Jadwal MotoGP Amerika 2022, Balapan Digelar Senin Pagi

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Dari kedua sesi latihan bebas tersebut, ada dua nama yang cukup konsisten, yakni Jack Miller dan Fabio Quartararo. Miller pada FP1 di urutan ketiga dan FP2 naik ke urutan kedua.

Begitu pula dengan Quartararo, FP1 di posisi keempat dan FP2 naik ke posisi ketiga. Pebalap Yamaha tersebut membuktikan meski top speed motornya menjadi kelemahan, tapi dirinya tetap dapat diperhitungkan.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2022, Balapan Digelar Senin Pagi

2. Mana yang Lebih Laris di Pameran IIMS 2022, Mobil atau Motor?

Sepekan IIMS Hybrid 2022, Honda Kantongi Pemesanan 401 UnitKOMPAS.com/STANLY RAVEL Sepekan IIMS Hybrid 2022, Honda Kantongi Pemesanan 401 Unit

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, mayoritas produk otomotif yang terjual di IIMS 2022 merupakan kendaraan roda empat alias mobil.

“Kalau melihat data biasanya, sekarang itu 5:1, lebih banyak mobil. Di mana, saya berani bilang itu tidak mencerminkan realita. Karena realitanya penjualan motor itu lima kali lipat dibandingkan mobil,” ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan di JIEXPO Kemayoran (9/4/2022).

Menurut Kohen, ada kebiasaan yang berbeda bagi para pelaku industri sepeda motor. Di mana agen pemegang merek (APM) motor tidak mau mengungkap data penjualan, ketimbang APM mobil yang saling bersaing meraih jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

Baca juga: Mana yang Lebih Laris di Pameran IIMS 2022, Mobil atau Motor?

3. Tahap Awal, Chery Akan Numpang Pabrik untuk Rakit Mobil di Indonesia

Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022

PT Chery Motor Indonesia mengungkapkan akan memproduksi kendaraan secara lokal di dalam negeri agar semakin kompetitif mulai tahun ini.

Tapi dalam tahap awal, kegiatan terkait akan menumpang dahulu. Sebab saat ini perseroan mengaku masih mencari lokasi pabrik yang ideal sehingga diperkirakan aktivitas lokalisasi mandiri baru dapat dilakukan di dua tahun mendatang alias 2024.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com