Kompas.com - 05/04/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) jadi salah satu merek yang turut hadir meramaikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Honda Brio, salah satu mobil yang diklaim jadi favorit konsumen juga ikut dipajang di booth Honda.

Ada tiga unit Brio yang dipamerkan pada pameran ini, yaitu dua unit Brio tipe RS dan satu unit Brio Satya.

Baca juga: Modifikasi Brio Satya, Bisa Dibuat Jadi Tipe RS

Harganya berbeda tergantung dari tipenya. Jika konsumen memiliki budget yang lebih terbatas, bisa memilih Honda Brio Satya yang tersedia dalam dua tipe, yaitu S dan E.

Namun, konsumen bisa memodifikasi Brio Satya, khususnya pada bagian eksterior, agar terlihat menyerupai Brio RS.

Seorang pramuniaga Honda menjelaskan, modifikasi ini lazim dilakukan oleh konsumen Honda yang membeli Brio Satya. Bagian yang biasa diubah oleh konsumen umumnya adalah emblem di belakang mobil, salah satu faktor yang menjadi pembeda Brio RS dengan Brio Satya.

Honda Brio Satya di Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).Kompas.com/Serafina Ophelia Honda Brio Satya di Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).
"Bisa diganti (emblem belakang, spoiler). Harga estimasinya kurang lebih Rp 1 jutaan," ucap seorang pramuniaga Honda di pameran IIMS 2022, Senin (4/4/2022). Selain emblem belakang dan spoiler, konsumen biasanya juga mengganti pelek.

"Tapi, mungkin berbeda-beda (tiap bengkel). Kira-kira saja, Rp 1 juta," ucap dia.

Namun berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah bursa spare parts daring, estimasi biaya untuk memodifikasi emblem, spoiler dan pelek untuk Brio Satya adalah sekitar Rp 3,9 jutaan, belum termasuk biaya pemasangan di bengkel.

Honda Brio RS Urbanite CVTHPM Honda Brio RS Urbanite CVT

Harga emblem belakang Honda ada di kisaran Rp 80.000 - Rp 150.000. Sedangkan untuk biaya tambahan spoiler belakang adalah sekitar Rp 500 ribuan. Lampu tambahan yang bisa dipasangkan pada spoiler dipatok di harga Rp 400 ribuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.