Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Yamaha E01 Mejeng di IIMS 2022, Mirip Skutik NMAX

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) cukup mengejutkan menghadirkan produk motor listrik terbarunya Yamaha E01 di lantai pameran IIMS Hybrid 2022. Skuter listrik ini sebelumnya hadir di Bangkok Motor Show 2022.

Berdasarkan pantauan Kompas.com (31/3/2022), versi konsep motor ini terlihat berbeda dengan yang hadir sekarang. Saat ini motor terlihat lebih realistis untuk versi produk massal.

Tampilan menarik motor ini salah satunya model lampu yang awalnya berada di tebeng depan, kini terlihat desain  proyektor Yamaha R1. Jadi, posisi lampu agak ke bawah.

Selanjutnya adalah bagian yang membuat motor ini mirip sekali dengan NMAX, yakni setang kemudi yang terbilang tinggi, lengkap dengan adjustable windscreen yang lebih modern. Bagian kaki-kaki juga mirip dengan NMAX, termasuk desain peleknya.

Sedangkan bagian tebeng depan yang awalnya dikira lampu utama, ternyata adalah posisi soket charger dengan penutup untuk pengisian daya.

Bicara soal mesin listrik, di atas kertas, tenaga maksimum tercatat 8,1 kW atau setara 10,86 tk pada 5.000 rpm dan torsi 30 Nm pada 2.000 rpm.

Keistimewaan Yamaha E01 adalah menggunakan energi listrik 100 persen dan mampu menempuh jarak maksimal hingga 104 km.

Jarak maksimal itu bisa didapat dengan kecepatan konstan 60 kpj. Sementara itu, motor ini bisa mencapai kecepatan maksimum 100 kpj, serta bisa berakselerasi 0-50 kpj dalam 3,9 detik.

Motor listrik ini punya tiga mode pengisi daya, yakni pengisi daya cepat, pengisi daya normal, dan pengisi daya portabel.

Dengan pengisi daya cepat, isi ulang baterai 0-90 persen bisa tuntas dalam 1 jam. Sementara untuk pengisian normal 0-100 persen membutuhkan waktu 5 jam.

Adapun, jika menggunakan pengisi daya portabel yang disimpan di bawah jok, saat melakukan pengisian 0-100 persen memakan waktu 14 jam.

Sejauh ini PT YIMM belum mengumumkan lebih detail terkait rencana penjualan maupun harganya jika dipasarkan di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/31/120551815/motor-listrik-yamaha-e01-mejeng-di-iims-2022-mirip-skutik-nmax

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke