Daihatsu Siap Refund Uang Konsumen Bila Produknya Dapat Diskon PPnBM

Kompas.com - 12/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski regulasi perpanjangan diskon PPnBM sudah resmi terbit, tapi sampai sekarang belum ada aturan turunan soal kejelasan produk non-LCGC apa saja yang menikmati relaksasi tersebut.

Padahal, diskon pajak untuk mobil di bawah Rp 250 juta non-LCGC, hanya diberikan dalam jangka waktu yang sangat singkat, yakni sepanjang Kuartal I 2022. Artinya hanya sampai Maret.

Menanggapi waktu yang pendek, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin), bisa dengan cepat memberikan kepastian.

Apalagi Daihatsu juga sudah mendaftarkan 29 varian non-LCGC yang dirasa sesuai dengan syarat PKMK Nomor 5.

Baca juga: Daihatsu Daftarkan 51 Varian untuk Dapat Diskon PPnBM

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L ADM Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

"Kami berharap minggu depan apa yang kami sudah daftarkan akan mendapatkan replay. Jadi semoga minggu depan lebih jelas, bahwa semua yang sudah kami daftarkan itu mendapat persetujuan atau tidak," ujar Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM Amelia Tjandra dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (11/2/2022).

Dengan kondisi yang masih menunggu, otomatis harga dari 29 varian yang terdiri dari Rocky, Terios, dan All New Xenia, belum bisa direvisi mengikuti diskon PPnBM 50 persen.

Namun demikian, Amel memastikan akan mengembalikan uang konsumen bila nantinya aturan sudah resmi terbit dan produk yang didaftarkan menerima relaksasi di setujui oleh pemerintah,

Untuk produk mobil murah ramah lingkungan, yakni Sigra dan Ayla, diklaim sudah mengikuti skema PPnBM 100 persen pada Kuartal I 2022. Artinya, harga sudah turun dibandingkan awal tahun.

Baca juga: Ahok Bilang 5 Tahun Lagi SPBU Terancam Sepi Imbas Kendaraan Listrik

"LCGC sudah kami terapkan 100 persen. Meski belum mendapat persetujuan, tapi kami pede (percaya diri) jadi harganya sudah pakai PPnBM 100 persen," ujar Amel.

Daihatsu Terios Eco IdleKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios Eco Idle

"Sementara untuk yang lain (29 varian) masih menggunakan harga PPnBM 15 persen (pajak emisi). Kalau nanti aturannya keluar dan permintaan kami disetujui, tentu kami refund, itu komitmen kami, jadi semua yang beli dengan 15 persen, sepanjang kami dapat dispensasi keringanan pajak konsumen akan diberikan haknya, tidak akan kami tahan-tahan," katanya.

Daihatsu sudah mengajukan 29 varian produknya agar mendapatkan diskon PPnBM. Untuk modelnya terdiri dari 15 varian All New Xenia, empat varian Terios, dan 10 varian Rocky yang terdiri dari enam varian 1.200 cc dan empat 1.000 cc turbo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.