Penyelamatan Anjing yang Terjebak 5 Hari di Tengah Tol

Kompas.com - 02/01/2022, 07:04 WIB
Anjing di tengah jalan tol Foto: Tangkapan layarAnjing di tengah jalan tol
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah orang menyelamatkan seekor anjing yang terjebak di tengah jalan tol. Anjing tersebut diduga sudah lima hari berada di tengah jalan tol tersebut.

Dalam video yang diunggah akun TikTok kucinglow, terlihat beberapa orang menyelamatkan anjing tersebut menggunakan jaring dan kandang. Tidak disebutkan jelas di mana kejadian berlangsung.

Baca juga: Catat, Ini Tips Road Trip Bareng Anak Naik Mobil

Untuk diketahui adanya hewan di tengah tol bisa berbahaya buat pengemudi. Hewan yang tiba-tiba menyeberang bisa meningkatkan risiko kecelakaan pemakai jalan tol.

https://www.tiktok.com/@kucingclow/video/7047923760472558875?is_from_webapp=1&sender_device=pc&web_id6903023049630975490

Meski akhirnya anjing tersebut berhasil diselamatkan, berkaca pada kejadian itu apa yang mesti dilakukan pengemudi jika ada hewan di tengah jan tol. Menghindar, rem keras atau tabrak?

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, ada banyak pengemudi yang reflek ketika ada binatang melintas di depannya.

Tidak sedikit dari mereka yang menghindar, padahal harus lebih spesifik lagi jenis binatangnya.

“Apabila kecil seperti anjing atau kucing, tidak apa-apa jika ditabrak, karena menghindar justru bisa membuat kondisi kendaraan hilang kendali dan mengurangi risiko lebih fatal seperti kejadian tersebut,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Sony, jika menghindar dalam kecepatan tinggi malah bisa berbahaya. Jika hewannya relatif kecil, bisa juga melakukan manuver "mengolongi" hewan.

Tapi untuk itu harus dibarengi dengan mengurangi kecepatan dan pastikan posisinya ada di kolong mobil bukan dilindas ban.

Baca juga: Pengendara Motor di Indonesia Kebiasaan Tidak Pakai Helm

Dari H-8 sampai hari perayaan Natal, sebanyak 1,4 juta kendaraan tinggalkan Jabotabek via TolDok. Jasa Marga Dari H-8 sampai hari perayaan Natal, sebanyak 1,4 juta kendaraan tinggalkan Jabotabek via Tol

“Gagal antisipasi menghindar akibat kecepatan kendaraan terlalu tinggi sering terjadi akibat pengemudi kurang berhitung," kata Sony.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.