Kompas.com - 30/12/2021, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM – Mengemudi mobil yang aman tidak hanya memerlukan kemampuan prima, posisi duduk saat berkendara juga menjadi unsur penting saat berkendara.

Kebanyakan pengendara mementingkan duduk yang nyaman saat di mobil. Akan tetapi, posisi duduk yang nyaman belum tentu sesuai dengan posisi duduk yang tepat.

Bahkan, beberapa pengendara mobil pemula kerap menyepelekan standar posisi duduk yang aman.

Baca juga: Mengatur Posisi Duduk Nyaman Saat Berkendara Mobil

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika duduk nyaman bukanlah posisi yang tepat. Sikap duduk sempurna adalah pilihan  tepat bagi pengemudi.

“Duduk yang sempurna itu adalah yang memenuhi standar 3C. Yakni Comfort, Control dan Communication,” kata Sony pada Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Sony memaparkan, comfort artinya kenyamanan duduk pengemudi. Kenyamanan tersebut dimana pengemudi mampu mengemudikan mobil maksimal selama 3 jam.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Lalu, communication artinya saat duduk pengemudi mampu berbicara atau berkomunikasi dengan berbagai objek. Mulai dari objek yang ada di dalam kabin mobil maupun objek di luar kabin mobil.

Sedangkan control adalah bagaimana pengemudi mampu menggapai kemudi setir dengan momen yang baik. Serta kaki pengemudi dapat menjangkau pedal yang ada di bawah.

Baca juga: Cara Inspeksi Awal Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Jika konsep 3C ini tidak diterapkan, maka dampak negatif akan mengintai pengendara mobil. Posisi duduk salah akan membuat pengemudi tidak sensitif terhadap berbagai gejala yang terjadi di kendaraan. Hal yang paling parah akan menyebabkan kecelakaan yang mengancam nyawa. 

“Pengemudi tidak bisa antisipasi ketika ada kondisi yang harus dihindari. Atau saat melakukan manuver yang ekstrem sering kali pengemudi tidak siap,” tutup Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.