Dyan Dilato Disebut Hina Marshal, Langsung Diberhentikan MGPA

Kompas.com - 17/11/2021, 16:12 WIB
Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 Dok. ATCPara pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 beberapa hari lalu terpaksa ditunda. Diketahui penyebabnya adalah ketidaksiapan marshal yang bertugas.

Menurut Head of Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dyan Dilato, banyak petugas yang tidak profesional. Bukannya bertugas, tapi justru menonton balapan.

Baca juga: Sirkuit Sentul Bantu Mandalika yang Kekurangan Marshal

Dampaknya, balapan yang seharusnya digelar pada 14 November 2021 lalu jadi ditunda hingga 19-21 November 2021.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyaksikan para marshal di Sirkuit Twin Ring Motegi berusaha mengangkat motornya setelah ia mengalami crash di pagelaran MotoGP Jepang 2019, Minggu (20/10/2019).TWITTER.com/MotoGP Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyaksikan para marshal di Sirkuit Twin Ring Motegi berusaha mengangkat motornya setelah ia mengalami crash di pagelaran MotoGP Jepang 2019, Minggu (20/10/2019).

Dikutip dari Motorsport.com, Rabu (17/11/2021), Dyan dikabarkan kecewa melihat kualitas marshal. Dyan menyebut para marshal dengan sebutan 'katro' dan 'ndeso'.

Sebutan tersebut membuat para petugas yang tergabung dalam Jagacala Tim Marshal lokal merasa terhina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menghindari terjadinya friksi yang berkepanjangan, pihak MGPA pun tak butuh waktu lama untuk membebastugaskan Dyan.

Baca juga: 350 Orang Marshal Siap Kawal Balapan di Sirkuit Mandalika

“Kami atas nama perusahaan penyelenggara mohon maaf atas perkataan beliau yang menyakiti hati masyarakat NTB terutama tim marshal,” ujar Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, dalam keterangan resminya.

Ricky menambahkan, pihaknya paham bahwa menghina dan apapun yang terjadi di lapangan, bukanlah sesuatu yang profesional. Maka dari itu, Dyan secara resmi telah mengundurkan diri dari MGPA. Ke depannya, segala sesuatu yang dilakukan Dyan tidak lagi menjadi tanggung jawab MGPA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.