Kompas.com - 04/10/2021, 14:12 WIB
Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSetiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini seorang pengemudi mobil kedapatan membawa STNK palsu lolos sistem ganjil-genap ke kawasaan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Modus menukar pelat nomor dan juga STNK tidak sesuai aslinya bukan pertama kali terjadi. Pemilik kendaraan kerap melakukan hal itu agar bisa mengelabui petugas.

"Evaluasi dari minggu lalu kami menemukan masyarakat yang menggunakan trik menukar pelat palsu, maka kami juga akan melaksanakan pemeriksaan STNK dan pelat nomor pada kendaraan yang akan melalui posko pemeriksaan," ucap Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata dilansir Kompas.com, Minggu, (12/9/2021).

Baca juga: Berikut Daftar Harga BBM Shell per Oktober 2021

STNK palsu yang ditunjukkan Fajar Riski kepada petugas Satuan Lalu Lintas Polres Pematangsiantar, Kamis (26/5/2016).KOMPAS.com/Tigor Munthe STNK palsu yang ditunjukkan Fajar Riski kepada petugas Satuan Lalu Lintas Polres Pematangsiantar, Kamis (26/5/2016).

Jika polisi hafal dengan STNK palsu lantas bagaimana dengan orang awam?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, memastikan keaslian Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sangat penting. Terlebih saat ingin membeli kendaraan seperti mobil atau motor bekas.

Keaslian STNK sangat penting sebab berkaitan dengan keabsahan kendaraan di jalan raya. STNK juga akan jatuh tempo, dan STNK palsu atau yang tidak sesuai tidak bisa diperpanjang.

Dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian STNK sebelum membeli mobil atau motor bekas.

Cara ini cukup umum dan mudah dilakukan. Meski demikian memang tidak ada jaminan meski sudah dilakukan, STNK tersebut benar-benar asli.

Baca juga: [VIDEO] Piaggio Zip Listrik, Bisa Jadi Rujukan Konversi Motor Listrik

Ilustrasi STNK milik Daihatsu Rocky 1.000 cc turboKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi STNK milik Daihatsu Rocky 1.000 cc turbo

1. Stiker hologram

Terdapat stiker hologram di STNK yang berada di sisi kanan dengan pemasangan halus. Hologram tersebut tidak akan berubah warna jika diterawang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.