Mulai Hari Ini Polda Jatim Gelar Operasi Patuh Semeru 2021

Kompas.com - 20/09/2021, 16:12 WIB
Polda Jatim laksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 di lapangan Mapolda Jawa Timur, Senin (20/9/2021). Humas Polda JatimPolda Jatim laksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 di lapangan Mapolda Jawa Timur, Senin (20/9/2021).

SURABAYA, KOMPAS.com - Polda Jawa Timur mulai melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2021 mulai Senin (20/9/2021) hingga dua pekan ke depan, yakni Minggu (3/10/2021).

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyebutkan sejumlah sasaran operasi terbagi dalam empat poin utama selama pelaksanaan Operasi Patuh Semeru kali ini.

"Pertama, segala bentuk kegiatan masyarakat yang potensi menyebabkan klaster baru Covid-19. Kedua, masyarakat yang tidak patuh akan protokol kesehatan," ucap Nico dalam pernyataan resminya.

Baca juga: Suzuki Jimny Terbaru, Harga Mulai Rp 192 Jutaan

"Ketiga, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas. Keempat, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas dan rawan kerumunan," katanya melanjutkan.

Terkait penegakan disiplin berlalu lintas, lebih ditujukan kepada pengguna jalan yang melanggar aturan, rambu, maupun marka secara kasat mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nico turut menyebutkan sejumlah upaya penjagaan di berbagai kawasan wisata di Jawa Timur. Sudah ada 134 kawasan wisata yang dilakukan asesmen oleh pemerintah.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2021, Bagnaia Juara Lagi, Quartararo Kedua

 

Pihak kepolisian akan menerapkan skema lalu lintas one gate system di mana pintu masuk dan keluar kawasan wisata jadi satu pintu.

"Nantinya akan di pasang perangkat Querpot (alat pendeteksi pengunjung). Sehingga, orang yang masuk ke tempat wisata baik wisatawan maupun pelakunya semua sama sama mempunyai aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Dalam gelaran operasi kali ini, Polda Jatim melibatkan total sebanyak 3.343 personel yang terdiri dari petugas Polda, Polres tiap daerah, serta beberapa pemangku kepentingan yang berkaitan dengan ketertiban masyarakat dan lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.