Ritual Memanaskan Mesin Mobil Tiap Pagi, Masih Perlukah Dilakukan?

Kompas.com - 11/09/2021, 14:02 WIB
Ilustrasi menyalakan mesin mobil doityourself.comIlustrasi menyalakan mesin mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih banyak di antara kita yang rajin memanaskan mobil pada pagi hari. Ada yang sebentar, tapi tak jarang ada juga yang menghabiskan waktu cukup lama.

Kegiatan ini bahkan sudah menjadi ritual wajib para pemilik mobil sebelum berkendara. Namun pada masa modern seperti sekarang, masih perlukah memanaskan mesin mobil?

“Memanasi mesin sebelum mobil digunakan boleh saja. Namun harus paham dulu tujuan dari ‘memanasi’ tadi,” ujar Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi, dalam konferensi virtual Bersama media (9/9/2021).

Baca juga: Erick Thohir Naik ke Kabin Taksi Terbang EHang 216

Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobil

“Tujuan dari memanasi tadi sebenarnya memberi kesempatan bagi oli mesin untuk bersirkulasi dengan baik hingga melumasi bagian-bagian dari mesin,” kata Rifat.

Namun demikian, karena mesin modern sudah menggunakan pelumas yang lebih encer dan konstruksi mesin yang lebih rapat dan presisi, menurut Rifat, kegiatan memanaskan mesin mobil tidak butuh waktu lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan oli yang lebih encer, maka sirkulasi pun dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan mesin lawas yang rata-rata masih menggunakan oli yang lebih kental.

Baca juga: Daftar Kendaraan Milik Jokowi, dari Yamaha Vega sampai Mercedes-Benz

Ilustrasi mesin turbowww.stevemorrisengines.com Ilustrasi mesin turbo

Meski begitu, Rifat setuju jika kita boleh saja menyempatkan walau hanya 1 menit untuk memanaskan mesin supaya pelumasan pada mesin menjadi lebih sempurna.

“Sebaliknya, bagi mesin turbo, sebaiknya kita tidak langsung mematikannya begitu selesai digunakan. Kita beri waktu sekitar 1 menit supaya unit turbo berada tidak terlalu tinggi putarannya,” ucap Rifat.

“Diberi waktu kira-kira 1 menit ini tujuannya supaya putaran kincir pada turbo telah melambat dan dengan demikian, mesin menjadi lebih awet,” ujar dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.