Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua IMI Optimistis WorldSBK Mandalika Bisa Digelar Tepat Waktu

Kompas.com - 11/09/2021, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yakin pembangunan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu untuk menggelar WorldSBK November mendatang.

Bukan cuma MGPA saja yang optimistis, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, percaya bahwa Sirkuit Mandalika bisa menggelar balapan pada 12-14 November 2021.

Baca juga: Yamaha FreeGo Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

"WSBK mungkin, sebab WSBK itu sebenarnya suatu pertandingan yang jarang ditonton kecuali dari live streaming. WSBK itu dilakukan sekaligus juga uji coba sirkuit daripada Mandalika," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (10/9/2021).

Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022Dok. MGPA Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022

"Kalau balapan benerannya itu bulan Maret (2022) MotoGP, didahului mungkin MiniGP," katanya.

Bamsoet mengatakan, IMI mendukung dan mendorong penyelesaian sirkuit lebih cepat. Agar agenda-agenda yang sudah ditetapkan bisa terlaksana dengan baik.

"Ternyata sudah selesai tinggal penyempurnaan saja, kemarin hanya masalah di teknis kesehatan tapi Kemenkes dan rumah sakit swasta sudah menyanggupi membangun rumah sakit untuk kepentingan para pebalap," katanya.

"Salah satu persyaratan adanya rumah sakit yang memadai, sesuai standar internasional dan FIM," kata Bamsoet.

Baca juga: Fokus Untuk Tes, Pedrosa Batal Jadi Wildcard di Misano

Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022Dok. IMI Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022

Sebelumnya Dwianto Eko Winaryo, Direktur Kontruksi dan Pengembangan Sirkuit Mandalika dari MGPA, mengatakan, saat ini progres di lapangan tinggal perapihan saja.

"Secara progres pada Minggu (29/8/2021) sudah sampai 96,5 persen. Jadi tinggal sedikit lagi," kata Dwi dalam telekonferensi pada Rabu (2/9/2021).

"Insya Allah, tanggal 30 September target kita untuk bisa menyelesaikan semuanya. Termasuk juga menyelesaikan pagar outer dan pagar inner. Mohon doanya supaya kita bisa menyelesaikan semua ini dan fisik kita sudah siap untuk melaksanakan WorldSBK," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com