Kompas.com - 04/09/2021, 17:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB nyaris rampung. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sirkuit tersebut mencapai Rp 1,1 triliun.

Dwianto Eko Winaryo, Direktur Kontruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA), mengatakan, biaya tersebut untuk pekerjaan dasar sirkuit dan pembangunan sirkuit.

Baca juga: EQRS, Fitur Penyelamat yang Wajib Ada di Helm Balap

Sirkuit MandalikaFoto: Tangkapan layar akun MGPA Sirkuit Mandalika

"Ada dua pekerjaan utama. Pertama groundwork dan kedua sirkuitnya itu sendiri," kata Dwi dalam konferensi virtual belum lama ini.

Untuk pekerjaan dasar sirkuit kata Dwi, tim menemukan ada bahaya likuifikasi yaitu pencairan tanah atau fenomena yang terjadi ketika tanah kehilangan kekuatan.

"Kita tidak mau juga bahwa potensi ini jadi risiko yang tidak di mitigasi. Kemudian ITDC memutuskan melakukan penguatan. Kalau dihitung mungkin sekitar Rp 100-Rp 120 miliar untuk groundwork, dan sekitar Rp 900 miliar untuk sirkuit, sehingga Rp 1,1 triliun untuk menyelesaikan sirkuit," katanya.

Sirkuit MandalikaFoto: Tangkapan layar Sirkuit Mandalika

Biaya tersebut kata Dwi di luar tribun dan pit building atau paddock.

"Tapi itu juga masih di luar pit building dan tribun. Jadi ini hanya khusus groundwork dan sirkuit itu sendiri," katanya.

"Mudah-mudahan dengan konsep modular untuk pit building ini juga bisa menekan biaya, dan konsep knockdown untuk tribun juga bisa menekan biaya. Sehingga pembangunan bisa lebih efisien secara biaya dan bisa menghasilkan pendapatan yang maksimal," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.