Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengurangi Risiko Cedera Saat Jatuh dari Motor

Kompas.com - 31/08/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terjatuh saat naik motor memang kerap terjadi. Perlu diketahui mengendarai motor butuh keseimbangan yang baik, kontur jalan yang licin pun bisa membuat motor jadi sulit dikendalikan.

Ketika terjatuh dari motor, tentu ada saja cedera yang dialami, baik ringan atau berat. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara agar bisa mengurangi risiko cedera berat saat terjatuh dari motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, yang pertama dilakukan adalah berusaha untuk mengendalikan motor saat hilang kendali. Jadi jaga keseimbangan dan kestabilan setang motor agar bisa berhenti dengan aman.

Baca juga: Masih Ada Saja Pengendara Motor Bandel yang Parkir di Jalur Penyelamat

Ilustrasi kecelakaan, teknik jatuh dari sepeda motor yang amanDok. AHM Ilustrasi kecelakaan, teknik jatuh dari sepeda motor yang aman

“Jika tidak bisa dipertahankan dan mau jatuh, lepaskan tangan dari setang motor agar tidak terbawa atau tertimpa motor,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi AC Mobil Saat Kondisi Hujan

Jadi pengendara seperti membiarkan motor terjatuh, sehingga bisa mengamankan badan. Usahakan tangan tadi ditempatkan di dada secara menyilang dan berguling-guling saat terjatuh untuk mengurangi luka gores yang fatal.

“Terakhir, selalu gunakan riding gear yang aman sebelum berkendara. Riding gear dapat melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan dari luka gores dan fatal,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com