Begini Cara Mengurangi Risiko Cedera Saat Jatuh dari Motor

Kompas.com - 31/08/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor https://www.lifehacker.com.au/Ilustrasi kecelakaan sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Terjatuh saat naik motor memang kerap terjadi. Perlu diketahui mengendarai motor butuh keseimbangan yang baik, kontur jalan yang licin pun bisa membuat motor jadi sulit dikendalikan.

Ketika terjatuh dari motor, tentu ada saja cedera yang dialami, baik ringan atau berat. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara agar bisa mengurangi risiko cedera berat saat terjatuh dari motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, yang pertama dilakukan adalah berusaha untuk mengendalikan motor saat hilang kendali. Jadi jaga keseimbangan dan kestabilan setang motor agar bisa berhenti dengan aman.

Baca juga: Masih Ada Saja Pengendara Motor Bandel yang Parkir di Jalur Penyelamat

Ilustrasi kecelakaan, teknik jatuh dari sepeda motor yang amanDok. AHM Ilustrasi kecelakaan, teknik jatuh dari sepeda motor yang aman

“Jika tidak bisa dipertahankan dan mau jatuh, lepaskan tangan dari setang motor agar tidak terbawa atau tertimpa motor,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi AC Mobil Saat Kondisi Hujan

Jadi pengendara seperti membiarkan motor terjatuh, sehingga bisa mengamankan badan. Usahakan tangan tadi ditempatkan di dada secara menyilang dan berguling-guling saat terjatuh untuk mengurangi luka gores yang fatal.

“Terakhir, selalu gunakan riding gear yang aman sebelum berkendara. Riding gear dapat melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan dari luka gores dan fatal,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.