Alasan Bangku Suites Class Tidak Bisa Dibuat Rebah Sampai Rata

Kompas.com - 16/07/2021, 11:02 WIB
Kabin Suites Class PO Sahaalah DOK. LAKSANABUSKabin Suites Class PO Sahaalah

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana merupakan pionir dari dibuatnya bus suites class. Bus suites class ini berbeda dari bus pada umumnya, karena menggunakan bangku yang bisa direbahkan hingga mendekati selonjoran, sekitar 150 derajat.

Selain bisa direbahkan, bangku yang ada di suites class ini juga memiliki sandaran kaki yang panjang. Sehingga ketika duduk di bangku ini, penumpang akan merasakan kenyamanan karena mulai dari kaki sampai kepala, tertopang dengan baik.

Di Indonesia sebenarnya sempat hadir bus dengan kasur di kabinnya, atau bisa disebut dengan sleeper bus. Namun kehadirannya tidak lama, karena tidak sesuai dengan regulasi dan bisa dibilang berbahaya.

Baca juga: Cobain Langsung HiAce Premio Mewah Racikan Baze

Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.Kompas.com/Donny Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.

Lalu kenapa bangku suites class buatan Laksana tidak bisa direbahkan hingga rata?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bangku yang ada di bus memang sengaja dibuat tidak bisa sampai 180 derajat rebahnya, karena faktor keselamatan.

“Desain kami tetap berupa bangku, bukan bed atau tempat tidur. Ini juga mengikuti regulasi Kementerian Perhubungan,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Harga Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF150L per Juli 2021

Selain itu, sudut kerebahan bangku yang hanya 150 derajat ini juga disesuaikan dengan jumlah kapasitas bus. Mengingat suites class hanya diisi 22 bangku yang disusun secara bertumpuk, sehingga jika sudut rebahnya sampai 180 derajat, tentu kapasitas di kabin jadi berkurang.

“Jumlahnya kan 22 suites, 12 di sisi kanan dan 10 di sisi kiri. Jadi bagian kanan ada enam suites atas dan enam suites bawah,” kata Werry.

kursi suites class laksanaKompas.com/Fathan Radityasani kursi suites class laksana

Selain itu, soal keselamatan, bangku suites class ini juga sudah memakai sabuk pengaman dua titik. Kemudian karena bangku bisa ditegakkan, penumpang jadi bisa lebih waspada.

“Dengan diposisikan kemiringan bangku 45 derajat, apabila terjadi sesuatu hal yang tidak terduga, para penumpang jauh lebih siap mengantisipasi dari awal dibanding posisi rebah seperti kasur,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.