Kenapa Bunyi Klakson pada Tiap Kendaraan Berbeda-beda

Kompas.com - 14/06/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi membunyikan klakson. ShutterstockIlustrasi membunyikan klakson.

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada kendaraan. Fungsinya, sebagai alat untuk saling ‘berkomunikasi’ dengan pengguna jalan lainnya.

Jika diperhatikan lebih seksama, jenis dan suara klakson di tiap kendaraan biasanya berbeda-beda. Mengapa demikian?

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, bunyi klakson pada kendaraan biasanya disesuaikan dengan jenis dan ukuran kendaraannya.

Baca juga: Ini Kisaran Harga Pasang Central Lock Mobil

“Biasanya untuk truk, bus, dan kendaraan besar lainnya menggunakan klakson yang berbeda dengan mobil pribadi. Hal ini bertujuan sebagai identitas kendaraan itu sendiri,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/6/2021).

Berdasarkan sumber bunyi, klakson bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Electric Horn dan Air Horn.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Eletric Horn ini yang sering digunakan oleh mobil pribadi, sedangkan untuk Air Horn biasanya digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus,” kata Didi.

Bus AKAP Murni Jayamurnijayalovers Bus AKAP Murni Jaya

Berdasarkan tipe dan spesifikasi, klakson juga dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Disc Horn, Fanfare alias klakson keong dan Nautilus atau klakson udara.

“Disc horn atau klakson piringan menghasilkan bunyi dengan memanfaatkan resonansi plat atau piringan. Tipe klakson ini yang paling sering digunakan untuk kendaraan pribadi,” ucap Didi.

Kemudian untuk klakson keong yang memiliki bunyi seperti terompet sering digunakan untuk tipe-tipe mobil premium atau kendaraan Eropa.

Baca juga: Harga dan Simulasi Kredit New Carry Pick Up di Surabaya

Sedangkan untuk klakson udara atau klakson angin, Didi mengatakan, sering digunakan pada kendaraan besar seperti truk.

“Sebab, klakson ini menghasilkan suara yang lantang karena memiliki tabung angin, dan tidak memakan arus listrik yang besar,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X