Terminal Tutup karena Larangan Mudik, Bagaimana Bus Transjabodetabek?

Kompas.com - 03/05/2021, 19:42 WIB
Transjabodetabek Premium disediakan untuk mengakomodasi dampak ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat dan Timur, Kamis (8/3/2018) KOMPAS.com/ Stanly RavelTransjabodetabek Premium disediakan untuk mengakomodasi dampak ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat dan Timur, Kamis (8/3/2018)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) harus menghentikan sementara terminal yang melayani bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Polana B Pramesti, Kepala BPTJ, mengatakan, terminal yang ditutup selama masa larangan mudik merupakan terminal yang dikelola BPTJ maupun pemerintah daerah.

Adapun terminal yang berada di bawah BPTJ meliputi Terminal Jatijajar Depok, Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Baca juga: Hasil MotoGP Spanyol 2021, Jack Miller Bawa Ducati Kalahkan Yamaha

Ilustrasi bus Transjabodetabek di Terminal PorisUnit Laka Lantas Polres Metro Tangerang Kota Ilustrasi bus Transjabodetabek di Terminal Poris

Sedangkan, milik pemerintah daerah terdiri dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Tanjung Priok yang berada di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta serta Terminal Bekasi di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Bekasi.

Meskipun layanan bus AKAP dan AKDP di terminal-terminal tersebut dihentikan sementara, Polana memastikan untuk angkutan lainnya tetap beroperasi.

Misalnya operasional terminal bus di Jabodetabek tetap berlangsung untuk melayani angkutan Transjabodetabek.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Salip Quartararo, Rossi Ketiga Terbawah

Sejumlah penumpang bus tengah bersiap untuk menaiki salah satu layanan bus dari Terminal Poris Plawad, Minggu (11/4/2021).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Sejumlah penumpang bus tengah bersiap untuk menaiki salah satu layanan bus dari Terminal Poris Plawad, Minggu (11/4/2021).

Contoh layanan Transjabodetabek misalnya bus dengan rute dari Terminal Poris Plawad Tangerang menuju Bekasi, meski lintas wilayah provinsi namun masih dalam wilayah aglomerasi Jabodetabek.

“Penghentian operasional layanan tidak berlaku bagi angkutan perkotaan antarlintas wilayah di Jabodetabek atau sering disebut Transjabodetabek," ujar Polana, dalam keterangan tertulis (2/5/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X