Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyalakan Sein yang Benar sebelum Belok

Kompas.com - 31/03/2021, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu sein di kendaraan bermotor termasuk sepeda motor berguna untuk memberitahu pengendara lain bahwa kita ingin berbelok.

Menyalakan sein kiri untuk belok kiri dan sein kanan untuk belok kanan. Meski terkesan sepele tapi di lapangan penerapannya bisa membuat bingung pengendara lain.

Baca juga: Makin Marak Pengendara Motor yang Nekat Masuk Jalan Tol

Sepeda motor di belokan atau tikunganPictureNewsletter Sepeda motor di belokan atau tikungan

Tak sedikit pengendara yang menyalakan sein terlalu dekat atau malah terlalu jauh ketika ingin belok. Hal ini membuat pengendara lain tidak nyaman dan membuat bingung.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, tidak ada patokan pasti kapan harus menyalakan sein tapi baiknya diperhitungkan.

"Sein berfungsi sebagai isyarat kita ingin berbelok, sebaiknya jarak 30 meter sebelum belok kita sudah menyalakan lampu sein, agar tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Gesits Tak Gentar Meski Motor Listrik Baru Bermunculan

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

Agus mengatakan, perkiraan waktu dan jarak untuk menyalakan sein sebelum belok cukup penting agar pengendara lain punya antisipasi yang baik.

"Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak belok," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com