Jawa Tengah Mulai Sosialisasikan Tilang Elektronik, Ini Titiknya

Kompas.com - 14/03/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). TRIBUNNEWS.com/JEPRIMAIlustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah mulai melakukan sosialisasi atas program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kepada seluruh pengguna jalan.

Langah ini merupakan salah satu implementasi teknologi informasi untuk menangkap berbagai pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik, untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan, dan ketertiban.

Adapun sosialisasi perdana, kata Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy, dilakukan di Jalan Veteran, jalan Kiai Saleh, Jalan Pandanaran, dan Simpanglima.

Baca juga: Merasa Tak Melanggar, Pengemudi Bisa Menyanggah Tilang Elektronik

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.Aprillio Akbar Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

"Selama sosialisasi, masih ada beberapa pengendara yang melanggar lalu lintas di jalan. Namun untuk kali ini, mereka hanya diberikan suatu peringatan," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (13/3/2021).

"Nanti setelah diluncurkan secara resmi, baru kita terapkan program ETLE kepada masyarakat Jawa Tengah. Jadi, tidak ada tilang saat ini, hanya imbauan dari anggota saja," lanjut Rudy.

Pernyataan senada datang dari salah satu personel Ditlantas Polda Jateng Aipda Muzaki usai melakukan sosialisasi di titik tersebut. Ia mengatakan, para pelanggar lalu lintas masih cukup banyak.

Baca juga: Dishub Dilarang Lakukan Pengawalan Konvoi Komunitas

Ilustrasi kamera tilang elektronikhttps://ntmcpolri.info/ Ilustrasi kamera tilang elektronik

“Hari ini kita melakukan sosialisasi dan pengertian kepada masyarakat, jadi sifatnya kita memberi imbauan kepada pengendara yang melanggar,” ucapnya.

Program ETLE tersebut merupakan program kerja Kapolri yang akan diluncurkan secara nasional mulai tanggal 23 Maret 2021 mendatang. Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam tahap pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.