Mitos atau Fakta, Sedan Kurang Ideal buat Diajak Liburan?

Kompas.com - 18/12/2020, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesesuaian antara jenis mobil dengan kondisi jalan yang akan dilewati, merupakan salah satu yang perlu diperhatikan bagi pengemudi mobil yang ingin berlibur natal dan tahun baru atau mudik ke kampung halaman dengan mobil pribadi.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuh menilai, jika kondisi jalan untuk berlibur atau ke kampung halaman kurang baik, idealnya pemilik mobil tidak menggunakan mobil jenis sedan.

Pasalnya, jarak lantai ke tanah atau ground clearance sedan yang relatif rendah berpotensi berbenturan dengan permukaan jalan.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Menguras Minyak Rem Mobil?

“Kalau sedan sebaiknya tidak lewat di jalan off-road. Karena kalau dipaksakan, carter bak olinya bisa kena semua (rusak),” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kondisi terkini wisata Jeglongan Sewu yang ada di Jalan Raya Manyar, Gresik.Hamzah Kondisi terkini wisata Jeglongan Sewu yang ada di Jalan Raya Manyar, Gresik.

Seperti contoh, untuk sebagian wilayah di Pulau Jawa sudah terhubung dengan jaringan tol Transjawa yang merupakan tol siap pakai alias tol operasional.

Jalur tersebut menurut Jusri masih aman digunakan. Namun ia mengingatkan pengemudi mobil tetap memperhitungkan potensi bahaya dari jalur lain yang ada di luar tol. Jalan berlubang kerap ditemui dan bakal menyulitkan pengemudi pengguna mobil jenis sedan.

Baca juga: Mobil Transmisi Matik Terparkir Lama, Perlu Aktifkan Rem Tangan?

Pada kesempatan berbeda, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, jenis mobil apapun bisa digunakan untuk liburan hanya saja menyesuaikan dengan kebutuhan pemilik kendaraan.

“Ini yang suka salah kaprah, nyaman atau ideal itu harus sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jadi mobil jenis apapun bisa dan boleh digunakan, kecuali liburan di medan yang ekstrim, ya itu perlu mobil khusus,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.