Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Sedan Kurang Ideal buat Diajak Liburan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesesuaian antara jenis mobil dengan kondisi jalan yang akan dilewati, merupakan salah satu yang perlu diperhatikan bagi pengemudi mobil yang ingin berlibur natal dan tahun baru atau mudik ke kampung halaman dengan mobil pribadi.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuh menilai, jika kondisi jalan untuk berlibur atau ke kampung halaman kurang baik, idealnya pemilik mobil tidak menggunakan mobil jenis sedan.

Pasalnya, jarak lantai ke tanah atau ground clearance sedan yang relatif rendah berpotensi berbenturan dengan permukaan jalan.

“Kalau sedan sebaiknya tidak lewat di jalan off-road. Karena kalau dipaksakan, carter bak olinya bisa kena semua (rusak),” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seperti contoh, untuk sebagian wilayah di Pulau Jawa sudah terhubung dengan jaringan tol Transjawa yang merupakan tol siap pakai alias tol operasional.

Jalur tersebut menurut Jusri masih aman digunakan. Namun ia mengingatkan pengemudi mobil tetap memperhitungkan potensi bahaya dari jalur lain yang ada di luar tol. Jalan berlubang kerap ditemui dan bakal menyulitkan pengemudi pengguna mobil jenis sedan.

Pada kesempatan berbeda, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, jenis mobil apapun bisa digunakan untuk liburan hanya saja menyesuaikan dengan kebutuhan pemilik kendaraan.

“Ini yang suka salah kaprah, nyaman atau ideal itu harus sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jadi mobil jenis apapun bisa dan boleh digunakan, kecuali liburan di medan yang ekstrim, ya itu perlu mobil khusus,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/18/174100615/mitos-atau-fakta-sedan-kurang-ideal-buat-diajak-liburan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke