Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Talang Air Mobil

Kompas.com - 27/11/2020, 18:41 WIB
Kegunaan talang air di mobil hondapartsdeals.comKegunaan talang air di mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau biasa disebut talang air merupakan aksesori tambahan pada mobil yang tidak hanya mampu mempercantik tampilan, tapi juga punya fungsi penting. Terkhusus, saat memasuki musim penghujan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, alat yang biasa dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket atas panel pintu tersebut bisa mencegah air masuk ke dalam kabin.

Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti yang menempel pada doortrim dan jok dapat terjaga dengan baik, terhindar dari potensi korlseting.

Baca juga: MPV Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Ada Avanza, Stream, Hingga Innova

Buka sedikit kaca sebatas side visor (talang air)Azwar Ferdian/KompasOtomotif Buka sedikit kaca sebatas side visor (talang air)

“Selain itu talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air ketika membuka jendela mobil. Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang tak langsung ke kaca bagian samping,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Prihal kenyamanan berkendara lainnya, talang air juga bisa membantu dalam meredam suara atau noise dari luar. Sebab, aliran udara pada mesin ketika bergerak dapat dialihkan lewat lekukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana dalam kesempatan terpisah. Hanya saja, bagi mobil yang ingin dipasang talang air jangan dilakukan secara sembarangan.

Baca juga: Kenali Ini Penyebab Mobil Terbakar Tiba-tiba

Talang air untuk Honda HR-V Aditya Maulana, Otomania Talang air untuk Honda HR-V

"Meski terkesan sederhana, pemasangan harus dilakukan pada ahlinya agar tidak terjadi kerusakan fungsi komponen lain dan hal-hal tak diinginkan lainnya," kata dia.

"Soal kisaran harga, tidak terlalu mahal mengingat talang air juga tak butuh perawatan khusus. Rata-rata, mulai Rp 250.000 sampai jutaan tergantung jenis mobilnya," lanjut Indah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.