Mobil Murah Masih Jadi Primadona Honda

Kompas.com - 13/11/2020, 09:42 WIB
All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio Satya di GIIAS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki awal kuartal empat di 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim performa penjualannya menujukan tren positif dibandingkan bulan sebelumnya.

Pencapaian tersebut, tak lepas dari penjualan yang diraih jaringan diler diberbagai wilayah di Indonesia. Sepanjang Oktober 2020, Honda membukukan penjualan sebanyak 6.561 unit secara retail nasional, atau meningkat 12 persen dibanding penjualan bulan sebelumnya.

Kenaikan penjualan terbesar terjadi di area Jawa Tengah dengan pencapaian 17 persen, setelah itu diikut main diler area Jawa Barat 13 persen, area luar Pulau Jawa sebesar 13 persen. Sementara untuk Jabodetabek, sebesar 10 persen dan area Jawa Timur sebesar 8 persen.

Baca juga: Hingga Oktober, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, pertumbuhan penjualan tak lepas dari berbagai aktivitas positif jaringan dilernya untuk terus menjangkau konsumen di wilayah masing-masing.

"Untuk menanggapi kebutuhan dan kebiasaan baru konsumen, diler-diler kami menyesuaikan aktivitas dan operasional mereka dengan memanfaatkan jalur digital serta menawarkan program yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian," kata Billy dalam keterangan resminya, Kamis (12/11/2020).

Tampilan belakang Brio kini seperti hatchbackSTANLY RAVEL Tampilan belakang Brio kini seperti hatchback

Brio sampai dengan Oktober 2020 masih memberikan kontribusi yang cukup tinggi bagi Honda. Penjualannya mencapai 4.013 unit dengan kontribusi 61 persen.

Dari segi segmentasi, Brio Satya masih menjadi yang dominan. Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC tersebut) mencatat penjualan  2.978 unit, atau meningkat 19 persen dibanding September yang terjual 2.507 unit.

Posisi kedua ditempati Brio RS dengan penjualan 1.035 unit, kemudian Honda HR-V 1.5L sebanyak 812 unit yang diklaim meningkat 5 persen dari bulan sebelumnya. Honda Mobilio juga mengalami kenaikan 2 persen dengan penjualan 535 unit, Honda Jazz 502 unit, 353 unit untuk Honda CR-V, 41 unit HR-V 1.8L, dan 155 unit untuk BR-V.

Baca juga: Diskon Mobil Murah November Ini, Honda Brio Tembus Rp 20 Juta

Sementara di segmen sedan, Accord menyumbang 24 unit, Civic Sedan 35 unit, City 18 unit, dan Civic Hatchback yang paling banyak, yakni 65 unit. Kontribusi juga datang dari segmen MPV premiumnya, yakni Odyssey yang terjual 8 unit.

Honda BR-V Facelift, Jepara Honda BR-V Facelift, Jepara

Billy bersyukur dengan pencapaian Honda yang bisa mempertahankan penjualan positif hingga kuartal keempat 2020, terutama untuk Brio yang diklaim jadi produk dengan penjualan retail tertinggi di Indonesia.

"Kami menilai Honda Brio diminati para pembeli pertama yang menjadi konsumen terbesar saat ini karena menawarkan value yang tinggi berkat efisiensi bahan bakar, biaya operasional yang rendah, serta didukung program penjualan yang memberikan keuntungan lebih bagi konsumen," kata Billy.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X