Pilihan Bahan Motor Custom 150-250 cc di Bawah Rp 10 Juta

Kompas.com - 10/11/2020, 09:12 WIB
Yamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak). Ari PurnomoYamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren motor custom di Indonesia terus diminati. Makin banyak orang yang tertarik untuk membangun motor custom.

Untuk itu, banyak pula yang mencari motor bekas untuk dijadikan bahan dalam membuat motor custom. Pada umumnya, yang menjadi pilihan adalah motor sport 150-200 cc.

Baca juga: Skutik Bekas di Bawah Rp 10 Juta, Scoopy dan Mio GT Rp 5 Jutaan

Sammy Rangkuti, builder Rangkuti Motor di Bogor Tengah, mengatakan, ada beberapa pilihan motor yang pas untuk dijadikan motor custom.

Motor custom Yamaha Byson dengan gaya chopper bobber garapan Wangsa Kencana Garage.Dok. Kustomfest Motor custom Yamaha Byson dengan gaya chopper bobber garapan Wangsa Kencana Garage.

“Kalau saran dari saya untuk motor custom enaknya basic motor yang kapasitasnya 200 cc ke atas,” ujar Sammy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sammy mengatakan, kapasitas tersebut masih membuat motor terasa bertenaga. Selain itu, jika pemilik sudah bosan dan ingin menjual motornya, harga jualnya tidak jatuh dan cukup stabil.

Namun, banyak orang yang lebih memilih motor 200 cc ke bawah. Sebab, dengan harga yang lebih terjangkau, maka biaya untuk membuat motor custom jadi bisa dimaksimalkan.

Baca juga: Deretan Motor Bebek Bekas di Bawah Rp 10 Juta

Setidaknya ada tiga motor di bawah 250 cc dengan harga di bawah Rp 10 juta, yang banyak direkomendasikan untuk bahan motor custom, antara lain Honda GL Pro, Yamaha Byson, dan Yamaha Scorpio.

1. Honda GL Pro
Dengan mesin berkapasitas 160 cc, GL Pro memiliki mesin yang cukup bertenaga dan awet. Meski sekarang ini sudah terbilang motor tua, tapi performanya tetap terasa. Soal suku cadang juga masih mudah didapatkan dan terjangkau harganya.

“Itu juga sudah cukup untuk pemula, untuk di perkotaan juga enak, hanya saja untuk jarak jauh tenaganya yang kurang,” kata Sammy.

Di beberapa situs jual beli online, GL Pro dengan tahun 1995 masih ada yang menjualnya di angka Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. GL Pro yang kondisinya cukup bagus dan produksi tahun 1997, bahkan harganya masih di Rp 9 juta. Sekarang ini, bahkan banyak juga yang menjual motor custom yang sudah jadi dari bahan GL Pro.

Yamaha Scorpio 2005 Foto: Kustomfest Yamaha Scorpio 2005

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X