Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sonet Meluncur Sesaat Lagi di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2020, 14:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar kehadiran Kia Sonet di Tanah Air rupanya semakin dekat. Setelah tertangkap kamera berseliweran di jalan raya dengan stiker kamuflase, PT Kreta Indo Arta, pemegang merek Kia di Indonesia, juga sudah memberikan sinyal kedatangan compact sport utility vehicle (SUV) tersebut.

Hal ini terlihat penampakan gambar Sonet yang mulai ditampilkan secara resmi pada situs Kia Indonesia. Bahkan, redaksi juga sempat mengabadikan penampakan barunya yang mulai menanggalkan kamuflase pada bagian depannya.

Terlihat jelas memang gril tersebut adalah milik adik dari Kia Seltos dengan desain ala Tiger Nose yang menjadi ciri khas dari desain pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

Apalagi lekukan garis tegas di balik selubung kamuflasenya pun juga menujukan proposis kompak yang dimiliki oleh Sonet.

Baca juga: Libur Panjang, Kemenhub Wanti-wanti Tercipta Klaster Baru Covid-19

Ketika mengkonfirmasikan hal tersebut, Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, masih enggan memberikan bocoran informasinya. Tapi dia memastikan bila kedatangan compact SUV asal India itu tinggal menghitung hari.

Penampakan Kia SonetKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Penampakan Kia Sonet

"Sebentar lagi, nanti tunggu saja undangannya ya, tidak lama lagi kok," ucap Soerjo kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Seperti diketahui, Kia Sonet hadir di India datang dengan menggunakan beberapa pilihan mesin, mulai dari 1.200 cc bensin, 1.000 cc turbo, dan 1.500 diesel.

Untuk transmisinya, dibekali dengan beberapa pilihan, yakni 5 percepatan manual, enam percepaan manual, enam percepatam iMT, 7 percepatan DCT, serta enam percepatan manual dan matik.

Dari proposisinya, Kia Sonet yang digadang-gadang bakal menjadi rival dari Toyota Raize dan Dihatsu Rocky tersebut akan mengisi segmen di bawah Kia Seltos. Otomatis, secara kisaran harga pun juga akan berada di bawahnya.

Baca juga: Mulai Diuji di Indonesia, Kapan Kia Sonet Meluncur?

Secara global, Kia Sonet calon pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.Kia Global Secara global, Kia Sonet calon pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

"Kelasnya di bawah Seltos. Harganya ya nanti saja," kata Ario.

Melihat dari banderol Seltos yang dipasarkan mulai dari Rp 295 juta hingga Rp 355 juta, bisa jadi Kia Sonet akan berada di rentang Rp 250 jutaan ke atas. Namun itu pun tentu tergantung dari tipe mana yang akan dipasarkan di Indonesia nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com