Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan Saat PSBB Kedua, Begini Caranya

Kompas.com - 14/09/2020, 15:01 WIB
sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Solo ari purnomosejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Solo
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) kembali diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta, menyusul terus meluasnya penyebaran Covid-19.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap berada di rumah jika memang tidak ada aktivitas yang penting atau mendesak dilakukan selama PSBB.

Termasuk salah satunya adalah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk pajak satu tahunan, mungkin masyarakat bisa melakukannya secara daring dan tidak perlu keluar rumah.

Tetapi, bagaimana dengan pajak lima tahunan yang mana harus dilakukan pengecekan fisik kendaraan serta penggantian plat nomor?

Baca juga: STNK Hilang Tapi Motor Masih Kredit, Begini Cara Mengurusnya

Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya menjelaskan, untuk pembayaran pajak kendaraan lima tahunan tidak bisa dilakukan secara online.

petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Soloari petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Solo

Dengan begitu, pemilik kendaraan yang pas penerapan PSBB harus melakukan pajak lima tahunan maka wajib datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) induk.

“Kalau untuk pajak satu tahun bisa dilakukan secara online lewat aplikasi yang ada. Tapi, kalau yang lima tahunan tidak bisa, pemilik kendaraan harus datang ke kantor Samsat induk dan membawa unitnya,” ujar Martinus kepada Kompas.com belum lama ini.

Hal ini karena, Martinus melanjutkan, saat pajak lima tahunan berbeda dengan pajak rutin satu tahun.

Baca juga: Urus STNK Hilang di Samsat, Bisa Diwakilkan?

Nantinya, untuk pajak lima tahunan akan dilakukan pemeriksaan kendaraan juga yakni cek fisik nomor mesin serta nomor rangka kendaraan.

Pengecekan ini untuk memastikan kesesuaian data kendaraan dengan yang sudah ada selama ini.

sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

“Jadi nanti akan dilakukan cek fisik, seperti cek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Jadi kendaraannya juga harus dibawa ke kantor Samsat,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Humas Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu.

Baca juga: Jakarta Berlakukan PSBB Ketat, Pajak Kendaraan Dapat Dispensasi Lagi?

Herlinya menambahkan, bahwa untuk pajak lima tahunan wajib membawa unit kendaraan ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan atau cek fisik.

“Untuk yang pajak online itu hanya bisa dilakukan saat pajak tahunan saja dan tidak ada tunggakan pajak di tahun sebelumnya,” tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X