Cara Jitu Mobil Bekas Bisa Cepat Laku Terjual

Kompas.com - 19/06/2020, 15:02 WIB
Honda Civic Genio jadi salah satu yang dipajang di showroom Malique Selatan Djakarta, Blok M Mall Lt. Basement Kompas.com/DioHonda Civic Genio jadi salah satu yang dipajang di showroom Malique Selatan Djakarta, Blok M Mall Lt. Basement
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kadang membuat orang harus menjual aset untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu aset yang mudah dicairkan adalah mobil.

Tapi menjual mobil pada kondisi saat ini bukan urusan mudah. Pedagang mobil bekas bahkan merasakan penurunan penjualan yang signifikan lantaran daya beli yang menurun.

Oleh karena itu, ada beberapa cara agar mobil bekas yang ingin dijual bisa memikat konsumen. Pertama dengan memastikan kondisi eksterior dan interior kembali orisinal.

Baca juga: Kabar BBM Premium Mau Dihapus, Ini Kata Pertamina

Suzuki Karimun KotakOLX Suzuki Karimun Kotak

“Eksterior semua dibersihkan dan kalau ada modifikasi harus distandarkan dulu, misal untuk pelek kalau ada yang orisinal lebih bagus,” ujar Taufik Feby, pemilik showroom D23 Autocare di Bandung, Jawa Barat, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Kemudian interior juga sama, selain dibersihkan, jok harus yang asli bawaan mobil. Biasanya banyak yang sudah dilapis kulit, itu enggak apa-apa asalkan jok fabric-nya masih ada di dalam,” katanya.

Kemudian, Anda juga harus memantau harga pasaran. Biasanya dengan memasang harga di bawah pasaran, mobil bisa lebih cepat laku.

Baca juga: Toyota Resmi Pasarkan Harrier 2020, Mulai Rp 396 Jutaan

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

“Biasanya seperti itu, tapi kalau saya justru agak mahal. Karena saya kasih jamin kondisi lebih bagus dan lebih baik dari rata-rata mobil bekas di pasaran,” ucap Taufik.

Tak ketinggalan juga pastikan buku manual, buku servis, dan riwayat servis masih tersimpan. Hal ini menjadi bukti bahwa mobil Anda punya catatan yang bagus dan telaten dalam merawat kendaraan.

Termasuk juga memastikan surat-surat kendaraan dalam kondisi hidup, dan tidak memiliki tunggakan pajak.

“Misal ada dua pilihan yang sama-sama bagus kondisinya, konsumen bakal pilih yang semua kelengkapan masih ada. Seperti kitab-kitab, segitiga pengaman, ban serep, dongkrak, kalau bisa semua masih bawaan pabrik biar konsumen lebih yakin untuk membeli,” kata Taufik.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X