Keuntungan Daftar Smart SIM Lewat Online di Masa PSBB

Kompas.com - 16/04/2020, 13:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), beberapa pelayanan SIM ditutup. Namun, tetap masih ada yang beroperasi untuk melayani masyarakat yang akan membuat Smart SIM.

Untuk menghindari antrian dan ketakutan terpapar virus corona, Korps Lalu Lintas (Kortlantas) menyediakan layanan pendaftaran Smart SIM yang bisa dilakukan secara online. Sehingga, pemohon SIM tak perlu datang lebih awal dan lama mengantri.

Baca juga: Perpanjang Masa Berlaku SIM dan STNK Selama PSBB Dapat Keringanan

Registrasi SIM dapat dilakukan dengan masuk ke situs http://sim.korlantas.polri.go.id. Akses bisa dilakukan dari ponsel atau media lain yang terkoneksi internet. Sebab, sistem online untuk pendaftaran SIM ini sudah terintegrasi.

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Lalu Hedwin, mengatakan, pemohon bisa mendaftarkan secara mudah untuk mendapatkan Smart SIM.

"Masyarakat bisa memilih kapan mau datang, hari apa, tanggal berapa, dan kantor layanan SIM mana yang mau dituju," ujar Hedwin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Hedwin menambahkan, saat di kantor pelayanan juga nantinya pemohon SIM akan mendapat prioritas. Ada loket khusus untuk pemohon SIM yang mendaftar secara online.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Pelayanan SIM dan STNK yang Buka Selama PSBB

Dengan beragam kelebihan tersebut, tentu sangat memberi keuntungan memohon SIM di tengah masa PSBB seperti sekarang ini.

"Untuk pembayaran bisa dilakukan di Bank BRI, baik lewat ATM atau teller," kata Hedwin.

Dengan mendaftar secara online, proses pembuatan atau perpanjang Smart SIM juga jadi lebih cepat dan lebih akurat. Selain itu, pendaftaran juga berlaku secara nasional, tidak terikat alamat sesuai domisili pada KTP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.